PENGARUH MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPAS DI UPTD SDN TENGKET 2 AROSBAYA
Keywords:
Media Poster Gambar, Kemandirian, PemahamanAbstract
Pendidikan adalah pemahaman, kemampuan, dan upaya sadar untuk menciptakan lingkungan dan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas III pada mata pelajaran IPAS di UPTD SDN Tengket 2 Arosbaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif statistik. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test dan post-test design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media gambar poster terhadap pemahaman dan kemandirian siswa dengan memperoleh nilai yang sig 0,00 < 0,05 dari hasil uji pairet sample T-test menggunakan IBM.SPSS. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Gambar poster terhadap Pemahaman dan Kemandirian siswa kelas III pada Mata Pelajaran IPAS Di UPTD SDN Tengket 2 Arosbaya.Downloads
References
Ayu, P., Anomeisa, A. B., & Ndori, V.
H. (2023). Pengaruh
Penggunaan Multimedia
Pembelajaran Interaktif Quizizz
Terhadap Kemandirian Belajar
Peserta Didik pada Materi
Persamaan Lingkaran. Jurnal
Penelitian Inovatif, 3(2), 415–
422.
https://doi.org/10.54082/jupin.17
9
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019).
Pentingnya Pemahaman Konsep
Untuk Mengatasi Miskonsepsi
Dalam Materi Belajar IPA di
Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–
136.
ttp://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i
1.2 553
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya,
N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan,
U. (2023). Pengertian Media,
Tujuan, Fungsi, Manfaat dan
Urgensi Media Pembelajaran.
Journal of Student Research
(JSR), 1(2), 1–17.
Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana,
H. (2021). Kemandirian Belajar
Siswa Melalui Pembelajaran
Kooperatif TPSq. Jurnal Absis :
Jurnal Pendidikan Matematika
Dan Matematika, 3(2), 286–296.
https://doi.org/10.30606/absis.v3i
2.645
Habib, M., & Rajagukguk, K. P.
(2022). Pengaruh Pemanfaatan
Media Poster Terhadap Prilaku
Siswa Dalam Menjaga
Kebersihan Lingkungan Sekolah
Dasar. Jurnal Sintaksis:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
IPA, IPS Dan Bahasa Inggris,
4(1), 1–10.
Muhammad Rahmattullah. (2019).
Pengaruh Pemanfaatan Media
Pembelajaran Film Animasi
Terhadap Hasil Belajar. Journal
of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 8–24.
Nurfadilah, S., & Lukman Hakim, D.
(2019). Kemandirian Belajar
Siswa Dalam Proses
Pembelajaran Matematika.
Prosiding Seminar Nasional
Matematika Dan Pendidikan
Matematika Sesiomadika 2019,
1214–1222.
Nurjannah, & Siregar, R. (2022).
Pengembangan Media
Pembelajaran Poster 3 Dimensi
Berbasis Pendekatan. Jurnal
Penelitian Pendidikan, 01(03),
258–271.
Rahmawati, R., Sesrita, A., & Kholik,
A. (2024). Pengaruh Media
Poster Origami Terhadap Minat
Dan Hasil Belajar Pada
Pelajaran IPA. Jurnal Pengajaran
Sekolah Dasar, 3(1), 105–116.
https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1
.732
Sugiyono, D. (2013). Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan Tindakan.
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D.
(2020). Kesulitan membaca
pemahaman siswa SD. Prosiding
Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78–
85.
http://prosiding.unipma.ac.id/inde
x.php/KID
Ummu, L., & Yunita, H. (2024).Pengaruh Media Poster
Terhadap Hasil Belajar Materi
Ipa Siswa Kelas Iii Di Uptd Sdn
Pamorah. Tjyybjb.Ac.Cn, 09(2),
635–637.
Vidigdo Trianto, Endang Sri Mujiwati,
B. A. M. (2022). Pengembangan
Media Poster untuk Materi
Sumber dan Bentuk Energi
Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4
Kota Kediri. Al-Irsyad, 4, 1559.
https://core.ac.uk/download/pdf/3
22599509.pdf
Walangadi, H., & Pratama, W. P.
(2020). Meningkatkan
Pemahaman Belajar Siswa
Menggunakan Media Video
Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu
Pendidikan Nonformal, 4(3),
201–208.
Yaumi, M. (2017). View metadata,
citation and similar papers at
core.ac.uk. 1–21.
Yustina, A., & Khosiyono, B. H. C.
(2023). Pengaruh Media
Pembelajaran Quizizz terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas VI
SD. Jurnal Pendidikan Dasar
Flobamorata, 4(2), 593–598.
https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.
977
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.