PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA

Authors

  • Armita Universitas Negeri Makassar
  • Lili Nur Lisdawati Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24767

Keywords:

Argumentasi, Eksposisi, Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur sistematis. Data dikumpulkan melalui penelusuran sumber-sumber akademik yang kredibel, seperti artikel jurnal ilmiah, buku referensi, dan laporan penelitian yang relevan.. Dalam penelitian ini membahas mengenai model pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Dengan kehadiran pendekatan saintifik tidak serta-merta siswa dapat langsung meningkat kemampuan dalam berargumentasi akan tetapi pengajar juga harus turut andil didalamnya agar siswa tidak  mengalami kesulitan dalam mengkaji fakta, dan serta siswa terbiasa dengan aktivitas berpikir kritis yang menjadi inti dari kemampuan argumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, A. (2024). Pengaruh Presentasi Argumentasi Terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 45–58.

Haryanto, B. (2018). Analisis Proses Berpikir dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 6(2), 101–110.

Kemdikbud. (2017). Kurikulum 2013: Panduan Implementasi Pendekatan Saintif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, D. (2021). Peran Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(3), 120–130.

Lestari, S. (2020). Efektivitas Observasi Contoh Teks Eksposisi dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 75–82.

Prasetyo, E., & Sari, D. (2021). Keterampilan Menanya sebagai Dasar Berpikir Kritis dalam Menulis. Jurnal Pendidikan, 14(4), 230–239.

Pratiwi, R. (2023). Motivasi dan Kepercayaan Diri Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pedagogik, 11(2), 89–100.

Purwanti, N. (2020). Pengembangan Teks Eksposisi dalam Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Terapan, 8(3), 112–118.

Rahman, F. (2019). Argumentasi dalam Teks Eksposisi dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2), 91–98.

Rahmawati, M. (2025). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 55–67.

Santoso, J. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis di SMA. Jurnal Pendidikan, 10(1), 45–53.

Sari, R., & Wibowo, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 98–108.

Sutrisno, T. (2019). Tantangan Guru dalam Penerapan Pendekatan Saintifik di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan, 8(4), 150–160.

Utami, D. (2023). Penguatan Argumentasi Melalui Pengumpulan Informasi dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 67–77.

Wijaya, H. (2021). Keterampilan Argumentasi dalam Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Kajian Bahasa, 7(4), 121–129.

Downloads

Published

2025-06-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>