Analisis Psikolinguistik dalam Komunikasi Digital: Dampak Penggunaan Emoji terhadap Ekspresi Emosi pada Mahasiswa

Authors

  • Sanita Eka Universitas Negeri Makassar
  • Azzahra Sosila Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24959

Keywords:

Keywords: psycholinguistics, emoji, digital communication, emotional expression

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan emoji mempengaruhi pemahaman pesan dan ekspresi emosional dalam komunikasi digital siswa melalui pendekatan psikolinguistik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Instrumen pengumpulan data tersebut adalah kuesioner online yang didistribusikan melalui Google Forms. Subjek penelitian tersebut adalah 35 mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Kelas B Universitas Negeri Makassar. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik berdasarkan prinsip-prinsip penelitian kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas siswa percaya emoji memiliki dampak positif dalam mengklarifikasi ekspresi emosional dan meningkatkan pemahaman pesan. Selain itu, emoji dianggap bermanfaat untuk mengekspresikan emosi yang sulit disampaikan secara verbal. Namun, penggunaan emoji harus tetap disesuaikan dengan konteks komunikasi, terutama dalam situasi formal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagaskara, R. S., & Putri, F. N. F. (2023). Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten di Konteks Proyek Virtual Mahasiswa. WACANA, 15(2), 134–143.

Bakhtiar, A., Sukamto, B. R. K., & Pramomo, S. H. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Emoji Dalam Komunikasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 1, 620–632.

Huda, D. P. A. (2017). Motivasi penggunaan Emoji pada WhatsApp dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret.

Nugrahawan, A. R., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2024). Model Kognitif Psikolinguistik Terkini dalam Menunjang Pembelajaran Struktur Bahasa Arab. Tarling: Journal of Language Education, 8(1), 147–165.

Shalahuddin, M. A., & Fajrianti, L. (2024). Dampak Emoticon dalam Komunikasi di Media Sosial. PROPAGANDA, 4(2), 72–78.

Siregar, R. P., Mahadian, A. B., & Adim, A. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Emoji Terhadap Persepsi Komunikan Atas Umpan Balik Negatif Pada Whatsapp. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 244–251.

Suharti, S., Khusnah, W. D., Ningsih, S., Shiddiq, J., Saputra, N., Kuswoyo, H., Jalal, N. M., Dhari, P. W., Susanti, R., & Purba, J. H. (2021). Kajian Psikolinguistik (2021 ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Swarna, M. F., Sabarudin, A. P., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh Emoji Whatsapp: Analisa Penerimaan Pesan Komunikasi Remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608–1628.

Downloads

Published

2025-06-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>