Analisis Psikolinguistik dalam Komunikasi Digital: Dampak Penggunaan Emoji terhadap Ekspresi Emosi pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24959Keywords:
Keywords: psycholinguistics, emoji, digital communication, emotional expressionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan emoji mempengaruhi pemahaman pesan dan ekspresi emosional dalam komunikasi digital siswa melalui pendekatan psikolinguistik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Instrumen pengumpulan data tersebut adalah kuesioner online yang didistribusikan melalui Google Forms. Subjek penelitian tersebut adalah 35 mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Kelas B Universitas Negeri Makassar. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik berdasarkan prinsip-prinsip penelitian kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas siswa percaya emoji memiliki dampak positif dalam mengklarifikasi ekspresi emosional dan meningkatkan pemahaman pesan. Selain itu, emoji dianggap bermanfaat untuk mengekspresikan emosi yang sulit disampaikan secara verbal. Namun, penggunaan emoji harus tetap disesuaikan dengan konteks komunikasi, terutama dalam situasi formal.Downloads
References
Bagaskara, R. S., & Putri, F. N. F. (2023). Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten di Konteks Proyek Virtual Mahasiswa. WACANA, 15(2), 134–143.
Bakhtiar, A., Sukamto, B. R. K., & Pramomo, S. H. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Emoji Dalam Komunikasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 1, 620–632.
Huda, D. P. A. (2017). Motivasi penggunaan Emoji pada WhatsApp dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret.
Nugrahawan, A. R., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2024). Model Kognitif Psikolinguistik Terkini dalam Menunjang Pembelajaran Struktur Bahasa Arab. Tarling: Journal of Language Education, 8(1), 147–165.
Shalahuddin, M. A., & Fajrianti, L. (2024). Dampak Emoticon dalam Komunikasi di Media Sosial. PROPAGANDA, 4(2), 72–78.
Siregar, R. P., Mahadian, A. B., & Adim, A. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Emoji Terhadap Persepsi Komunikan Atas Umpan Balik Negatif Pada Whatsapp. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 244–251.
Suharti, S., Khusnah, W. D., Ningsih, S., Shiddiq, J., Saputra, N., Kuswoyo, H., Jalal, N. M., Dhari, P. W., Susanti, R., & Purba, J. H. (2021). Kajian Psikolinguistik (2021 ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Swarna, M. F., Sabarudin, A. P., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh Emoji Whatsapp: Analisa Penerimaan Pesan Komunikasi Remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608–1628.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.