STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 TANGERANG

Authors

  • Mochamad Muizzudin PBA PASCASARJANA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Kaesul Ma’arif PBA PASCASARJANA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yayan Umyanah PBA PASCASARJANA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Lailatus Sarifah PBA PASCASARJANA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yuyun R. Uyuni PBA PASCASARJANA UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23968

Keywords:

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Ekspositori dan Qiraat-Kitabah, Tantangan Pembelajaran di MAN 1 Tangerang.

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran bahasa (SPB) memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 1 Tangerang serta tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Tangerang menggunakan strategi ekspositori pada semester awal untuk memperkenalkan materi kepada siswa, serta metode pembelajaran membaca (qiraat) dan menulis (kitabah) untuk memperkuat pemahaman bahasa Arab. Meskipun strategi ini efektif dalam mempermudah pembelajaran, tantangan utama meliputi keberagaman latar belakang siswa, di mana tidak semua siswa memiliki pengalaman pendidikan di pesantren. Guru mengatasi hambatan ini melalui pendekatan kreatif seperti permainan edukatif dan menonton video berbahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode yang beragam dan fleksibel untuk menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan era modern.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Rahmawati As’ari. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113-120. https://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf

Ekawati, D., & Arifin A. (2022). Pendidikan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nobighoh, 24(1), 111. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818

Hasna Qonita Khansa. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab II. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 53-62. Prosiding.arab-um.com

Maesaroh, S. (1970). Peranan Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah,. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60-69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Alfan Afifi Kurniawan, Bahrul Ilmi, Nailul Authar, & Wildana Wargadinata. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Problematika dan Solusi Prespektif Sosiokulturan Vygotsky. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(2), 161-174. https://doi.org/10.32678/alittijah.v14i2.7531

Melinia, C.N., & Nubaha, M. (2021). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB kanzum books 2021 Diterbitkan oleh : Kanzuem Books Jl.Kusuma 28 Berbek Waru Sidoarjo.

Makruf,I.(2009).Strateg-Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. 8 (Strategi Pembelajaran), 163.

Rabrusun, F. (2019). Perkembangan Bahasa Arab.

Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN.Medan: Perdana Publishing.

Sam,Z. (2016). Metode pembelajaran bahasa arab., vol.2(No 1), Hlm.5.

Kamarul Shukri. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, 2009

Asep Maulana. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Bumi Aksara, 2023.hal 5

Seknun, M.F. (2013). Strategi Pembelajaran. In Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2, Issue2).https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). In Yogyakarta : Aswaja Presisindo. www.aswajapressindo.co.id

Downloads

Published

2025-03-30