STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23968Keywords:
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Ekspositori dan Qiraat-Kitabah, Tantangan Pembelajaran di MAN 1 Tangerang.Abstract
ABSTRAK Strategi pembelajaran bahasa (SPB) memainkan peran penting dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 1 Tangerang serta tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Tangerang menggunakan strategi ekspositori pada semester awal untuk memperkenalkan materi kepada siswa, serta metode pembelajaran membaca (qiraat) dan menulis (kitabah) untuk memperkuat pemahaman bahasa Arab. Meskipun strategi ini efektif dalam mempermudah pembelajaran, tantangan utama meliputi keberagaman latar belakang siswa, di mana tidak semua siswa memiliki pengalaman pendidikan di pesantren. Guru mengatasi hambatan ini melalui pendekatan kreatif seperti permainan edukatif dan menonton video berbahasa Arab untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode yang beragam dan fleksibel untuk menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan era modern.Downloads
References
Diah Rahmawati As’ari. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113-120. https://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf
Ekawati, D., & Arifin A. (2022). Pendidikan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nobighoh, 24(1), 111. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818
Hasna Qonita Khansa. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab II. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 53-62. Prosiding.arab-um.com
Maesaroh, S. (1970). Peranan Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah,. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60-69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302
Alfan Afifi Kurniawan, Bahrul Ilmi, Nailul Authar, & Wildana Wargadinata. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Problematika dan Solusi Prespektif Sosiokulturan Vygotsky. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 14(2), 161-174. https://doi.org/10.32678/alittijah.v14i2.7531
Melinia, C.N., & Nubaha, M. (2021). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB kanzum books 2021 Diterbitkan oleh : Kanzuem Books Jl.Kusuma 28 Berbek Waru Sidoarjo.
Makruf,I.(2009).Strateg-Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. 8 (Strategi Pembelajaran), 163.
Rabrusun, F. (2019). Perkembangan Bahasa Arab.
Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN.Medan: Perdana Publishing.
Sam,Z. (2016). Metode pembelajaran bahasa arab., vol.2(No 1), Hlm.5.
Kamarul Shukri. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, 2009
Asep Maulana. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Bumi Aksara, 2023.hal 5
Seknun, M.F. (2013). Strategi Pembelajaran. In Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2, Issue2).https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). In Yogyakarta : Aswaja Presisindo. www.aswajapressindo.co.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.