PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIT APP INVETOR DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS XI MA AL-MADINA PANDEGLANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21572Keywords:
Learning Media Development, MIT App Invetor, Listening SkillsAbstract
ABSTRACT This research develops learning media with MIT App Invetor means studying the development of learning media with MIT APP Invetor to teach listening skills in grade 11 MA Al-Madina Pandeglang, and to determine the feasibility and effectiveness of learning media that has been developed. In this study using a research and development (R&D) approach, Sugiyono (2009). The research and development approach is a research method used to design and develop educational programs and products that can meet internal standards. To produce certain products, needs analysis research is used and to test the feasibility of these products in order to achieve broad community success. As for the feasibility of developing learning media with MIT App Invetor on listening skills, the results are 81%. as for the effectiveness of this learning media, the pre-test results are 38.88% and the post-test results are 91.11. The expected result of the two tests is 52.23%, because there is a difference between the pre-test and post-test results. This shows that learning media with MIT App Invetor used to teach listening skills is effective. Keywords: Learning media development, MIT App Invetor, listening skills 1Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun 2 ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan MIT App Invetor berarti mempelajari tentang pengembangan media pembelajaran dengan MIT APP Invetor untuk mengajarkan keterampilan mendengar pada kelas 11 MA Al- Madina Pandeglang, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), sugiyono(2009). Pendekatan penelitain dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan program dan produk Pendidikan yang dapat memenuhi standar internal. Untuk menghasilkan prosuk tertentu, digunakan penelitain analisis kebutuhan dan untuk menguji kelayakan produk tersebut guna mencapai keberhasilan masyarakat luas. Adapun kelayakan pengembangan media pembelajaran dengan MIT App Invetor terhadap keterampilan mendengar diperoleh hasil 81 % . adapaun efektivitas media pembelajarn ini diperoleh hasil pre-test sebesar 38,88 % dan hasil post-test sebesar 91,11. Adapun hasil yang diharapkan dari kedua tes tersebut adalah sebesar 52,23%, karena terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan MIT App Invetor digunakan untuk mengajarkan keterampilan mendengar itu efektif. Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran, MIT App Invetor, Keterampilan menyimakDownloads
References
Buku : Ismail, M., & Musthafa, A. A. (2018). Pengembangan Materi Tes Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. 13(2). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. (2004). 4. Nurhaliza, B. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan. Oleh, D., & Abdulloh, M. R. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagai Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. 5(3). Artikel In Press : - Jurnal : Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan Pba, 19(1), 56–71. Https://Doi.Org/10.20414/Tsaqafah.v 19i1.2344 Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. (2021). Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.v5i 2.7539 Hanifah, U., & Hidayah, M. W. W. (2021). Tathbȋq Wasȋlah Al-Ta’Lim “Powtoon” Fȋ Tarqiyyati Mahᾱrah Al- Qirᾱ’Ah. Al Mi’Yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.35931/Am.v4i1.36 2Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157.
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun17 Https://Doi.Org/10.24239/Jsi.v7i2.98. 157-162 Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.35335/Kampret.v1i 1.8 Rahmawati, R. E., & Syafi’i, S. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 180. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.v 8i2a6.2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.