PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIT APP INVETOR DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS XI MA AL-MADINA PANDEGLANG

Authors

  • Mochamad Muizzudin Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Abdul Azis Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Faiza Nur Khalida Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Muhamad Sayid Yusuf Iskandar Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Muhammad Ibrohim Futuwwatuddin Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21572

Keywords:

Learning Media Development, MIT App Invetor, Listening Skills

Abstract

ABSTRACT

This research develops learning media with MIT App Invetor means studying the

development of learning media with MIT APP Invetor to teach listening skills in

grade 11 MA Al-Madina Pandeglang, and to determine the feasibility and

effectiveness of learning media that has been developed. In this study using a

research and development (R&D) approach, Sugiyono (2009). The research and

development approach is a research method used to design and develop

educational programs and products that can meet internal standards. To produce

certain products, needs analysis research is used and to test the feasibility of

these products in order to achieve broad community success. As for the feasibility

of developing learning media with MIT App Invetor on listening skills, the results

are 81%. as for the effectiveness of this learning media, the pre-test results are

38.88% and the post-test results are 91.11. The expected result of the two tests is

52.23%, because there is a difference between the pre-test and post-test results.

This shows that learning media with MIT App Invetor used to teach listening skills

is effective.

Keywords: Learning media development, MIT App Invetor, listening skills

1Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun

2

ABSTRAK

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan MIT App Invetor

berarti mempelajari tentang pengembangan media pembelajaran dengan MIT

APP Invetor untuk mengajarkan keterampilan mendengar pada kelas 11 MA Al-

Madina Pandeglang, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media

pembelajaran yang telah dikembangkan. Dalam penelitian ini menggunakan

pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), sugiyono(2009). Pendekatan

penelitain dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk

merancang dan mengembangkan program dan produk Pendidikan yang dapat

memenuhi standar internal. Untuk menghasilkan prosuk tertentu, digunakan

penelitain analisis kebutuhan dan untuk menguji kelayakan produk tersebut guna

mencapai keberhasilan masyarakat luas. Adapun kelayakan pengembangan

media pembelajaran dengan MIT App Invetor terhadap keterampilan mendengar

diperoleh hasil 81 % . adapaun efektivitas media pembelajarn ini diperoleh hasil

pre-test sebesar 38,88 % dan hasil post-test sebesar 91,11. Adapun hasil yang

diharapkan dari kedua tes tersebut adalah sebesar 52,23%, karena terdapat

perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa media

pembelajaran dengan MIT App Invetor digunakan untuk mengajarkan

keterampilan mendengar itu efektif.

Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran, MIT App Invetor, Keterampilan

menyimak

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faiza Nur Khalida, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten

Buku :

Ismail, M., & Musthafa, A. A. (2018).

Pengembangan

Materi

Tes

Keterampilan Menyimak Bahasa Arab

Menggunakan

Moodle

Untuk

Meningkatkan

Kemampuan

Menyimak Mahasiswa Universitas

Darussalam Gontor. 13(2). Kontribusi

Pendidikan

Dalam

Meningkatkan

Kualitas Bangsa Indonesia. (2004). 4.

Nurhaliza, B. (n.d.). Diajukan Kepada

Fakultas

Ilmu

Tarbiyah

Dan

Keguruan Untuk Memenuhi Syarat

Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan.

Oleh, D., & Abdulloh, M. R. (n.d.).

Diajukan Kepada Fakultas Bahasa

Dan

Seni

Universitas

Negeri

Yogyakarta

Untuk

Memenuhi

Sebagai

Persyaratan

Guna

Memperoleh

Gelar

Sarjana

Pendidikan.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan

Pembelajaran (Pendidikan Dasar).

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021).

Metode Penelitian Pengembangan

(Rnd) Dalam Bimbingan Dan

Konseling. 5(3).

Artikel In Press : -

Jurnal :

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020).

Keterampilan

Berbahasa

Arab

Dengan Pendekatan Komprehensif.

El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan Pba,

19(1),

56–71.

Https://Doi.Org/10.20414/Tsaqafah.v

19i1.2344

Dampak Perkembangan Teknologi

Komunikasi

Terhadap

Bahasa

Indonesia. (2021). Jurnal Interaksi :

Jurnal

Ilmu

Komunikasi,

5(2).

Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.v5i

2.7539

Hanifah, U., & Hidayah, M. W. W.

(2021). Tathbȋq Wasȋlah Al-Ta’Lim

“Powtoon” Fȋ Tarqiyyati Mahᾱrah Al-

Qirᾱ’Ah. Al Mi’Yar: Jurnal Ilmiah

Pembelajaran Bahasa Arab Dan

Kebahasaaraban,

4(1),

  1.  

Https://Doi.Org/10.35931/Am.v4i1.36

2

Jabir,

  1.  

(2010).

Kemahiran

Menyimak

Dalam

Proses

Pembelajaran Bahasa Arab. Hunafa:

Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157.Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun

17

Https://Doi.Org/10.24239/Jsi.v7i2.98.

157-162

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A.,

& Lazuardi, J. (2022). Bahasa

Sebagai Alat Komunikasi Dalam

Kehidupan Manusia. Kampret Journal,

1(1),

1–10.

Https://Doi.Org/10.35335/Kampret.v1i

1.8

Rahmawati, R. E., & Syafi’i, S. (2021).

Analisis Keterampilan Menyimak Dan

Berbicara

Dalam

Pembelajaran

Bahasa Arab Di Era Adaptasi

Kebiasaan Baru. Auladuna: Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 180.

Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.v

8i2a6.2021

References

Buku : Ismail, M., & Musthafa, A. A. (2018). Pengembangan Materi Tes Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. 13(2). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. (2004). 4. Nurhaliza, B. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan. Oleh, D., & Abdulloh, M. R. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagai Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. 5(3). Artikel In Press : - Jurnal : Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan Pba, 19(1), 56–71. Https://Doi.Org/10.20414/Tsaqafah.v 19i1.2344 Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. (2021). Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.v5i 2.7539 Hanifah, U., & Hidayah, M. W. W. (2021). Tathbȋq Wasȋlah Al-Ta’Lim “Powtoon” Fȋ Tarqiyyati Mahᾱrah Al- Qirᾱ’Ah. Al Mi’Yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.35931/Am.v4i1.36 2Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157.

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun17 Https://Doi.Org/10.24239/Jsi.v7i2.98. 157-162 Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.35335/Kampret.v1i 1.8 Rahmawati, R. E., & Syafi’i, S. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 180. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.v 8i2a6.2021

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)