PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIT APP INVETOR DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB KELAS XI MA AL-MADINA PANDEGLANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21572Keywords:
Learning Media Development, MIT App Invetor, Listening SkillsAbstract
ABSTRACT
This research develops learning media with MIT App Invetor means studying the
development of learning media with MIT APP Invetor to teach listening skills in
grade 11 MA Al-Madina Pandeglang, and to determine the feasibility and
effectiveness of learning media that has been developed. In this study using a
research and development (R&D) approach, Sugiyono (2009). The research and
development approach is a research method used to design and develop
educational programs and products that can meet internal standards. To produce
certain products, needs analysis research is used and to test the feasibility of
these products in order to achieve broad community success. As for the feasibility
of developing learning media with MIT App Invetor on listening skills, the results
are 81%. as for the effectiveness of this learning media, the pre-test results are
38.88% and the post-test results are 91.11. The expected result of the two tests is
52.23%, because there is a difference between the pre-test and post-test results.
This shows that learning media with MIT App Invetor used to teach listening skills
is effective.
Keywords: Learning media development, MIT App Invetor, listening skills
1Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun
2
ABSTRAK
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan MIT App Invetor
berarti mempelajari tentang pengembangan media pembelajaran dengan MIT
APP Invetor untuk mengajarkan keterampilan mendengar pada kelas 11 MA Al-
Madina Pandeglang, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media
pembelajaran yang telah dikembangkan. Dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), sugiyono(2009). Pendekatan
penelitain dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk
merancang dan mengembangkan program dan produk Pendidikan yang dapat
memenuhi standar internal. Untuk menghasilkan prosuk tertentu, digunakan
penelitain analisis kebutuhan dan untuk menguji kelayakan produk tersebut guna
mencapai keberhasilan masyarakat luas. Adapun kelayakan pengembangan
media pembelajaran dengan MIT App Invetor terhadap keterampilan mendengar
diperoleh hasil 81 % . adapaun efektivitas media pembelajarn ini diperoleh hasil
pre-test sebesar 38,88 % dan hasil post-test sebesar 91,11. Adapun hasil yang
diharapkan dari kedua tes tersebut adalah sebesar 52,23%, karena terdapat
perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran dengan MIT App Invetor digunakan untuk mengajarkan
keterampilan mendengar itu efektif.
Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran, MIT App Invetor, Keterampilan
menyimak
Downloads
References
Buku : Ismail, M., & Musthafa, A. A. (2018). Pengembangan Materi Tes Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. 13(2). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. (2004). 4. Nurhaliza, B. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan. Oleh, D., & Abdulloh, M. R. (n.d.). Diajukan Kepada Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagai Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. 5(3). Artikel In Press : - Jurnal : Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan Pba, 19(1), 56–71. Https://Doi.Org/10.20414/Tsaqafah.v 19i1.2344 Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. (2021). Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). Https://Doi.Org/10.30596/Interaksi.v5i 2.7539 Hanifah, U., & Hidayah, M. W. W. (2021). Tathbȋq Wasȋlah Al-Ta’Lim “Powtoon” Fȋ Tarqiyyati Mahᾱrah Al- Qirᾱ’Ah. Al Mi’Yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.35931/Am.v4i1.36 2Jabir, M. (2010). Kemahiran Menyimak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 157.
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun17 Https://Doi.Org/10.24239/Jsi.v7i2.98. 157-162 Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.35335/Kampret.v1i 1.8 Rahmawati, R. E., & Syafi’i, S. (2021). Analisis Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 180. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.v 8i2a6.2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















