PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS III UPTD SDN 95 ABBEKAE

Authors

  • Ridha Amalia Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Nasrah Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Ana Dhiqfaini Sultan Universitas Muhammadiyah Makasar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23763

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Diorama, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang terfokus hanya pada buku paket pelajaran dan kurangnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran  yang berdampak pada rata-rata hasil belajar IPAS yang rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS peserta didik kelas III UPTD SDN 95 Abbekae  dikelas yang menggunakan media diorama dan dikelas yang tidak menggunakan media diorama serta untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas III UPTD SDN 95 Abbekae. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di UPTD SDN 95 Abbekae. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hasil belajar IPAS peserta didik  kelas eksperimen yang menggunakan media diorama diperoleh nilai 84,8 % dengan kategori tuntas belajar dan diperoleh nilai 15,1% dengan kategori tidak  tuntas belajar.  Tingkat hasil belajar IPAS peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan media diorama diperoleh nilai  45,4% dengan kategori tuntas belajar dan diperoleh nilai 54,5 % dengan kategori tidak tuntas belajar.  Berdasarkan pengelolaan hasil uji hipotesis diperoleh sig 0,000 artinya bahwa H0 ditolak (0,000 < 0,05) dan H1 diterima karena (0,395 > 0,05). Sedangkan pada analisis uji T, Sig > ttabel atau (5,819 > 1,997). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas  yang diajarkan dengan media diorama dengan kelas yang tidak diajarkan dengan media diorama terhadap hasil belajar IPAS  peserta didik kelas III UPTD SDN 95 Abbekae.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrahmah, S., & Erwin. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 312–321.

Amalia, Nurlina, & Andi Muafiah Nur. (2023). Penerapan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Batulapisi Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(1), 103–109.

Evitasari, & Aulia (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. Fitriani, Suryana, & Zulkarnaen, (2023). Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Campaka. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 94–99.

Fitri, dkk (2023) Dasar-Dasar Statistika untuk Penelitian. Jakarta. Yayasan Kita Menulis.

Hifni, M. dan Turnip, B (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9.

Hisbullah, Nurhayati Selvi, & Mirnawati,. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Aksara Timur.

Khoiri, et. al. (2023). Konsep Dasar Sistem Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.

Kiswandari, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA Kekas V SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(10), 975.

Listiani, et. al (2024) Buku Referensi Strategi Pembelajaran : Teori dan Metode Pembelajaran Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi.

Mahsun, Ali & Suciptaningsih, (2023). IPS Kependidikan Dasar. Nawa Litera Publishing.

Masrifa, A., Munirah, S., Cahyani, A. R., Fauziyah, D. H., & Wijayama, B. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Cahya Ghani Recovery.

Muchtar, Fitriani, dkk (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan. Vol 1, No. 1, Hal 81-87

Nasrah, et. al.. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 235–248.

Ningtias, dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Berbantuan Media Diorama Kelas V SD Negeri 68 Buton. Jurnal Penuh Asa Mahasiswa PGSD. Vol.1, No.1, Hal. 88-95.

Nurfadillah, A. (2024). Penerapan Media pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI Al-Fathanah Bellu N 15(1), 37–48.

Nursyafika Nursyafika, Nasrah, & Amri Amal. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Inpres Batang Kaluku Kabupaten Gowa. Journal Innovation In Education, 1(3), 63–75.

Pagarra, (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Prabowo, (2017). Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V Sdn Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Skripsi, III, 43–45.

Rahmat, (2014). Pendidikan IPA di SD. Media Pustaka.

Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Judiknas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38.

Rahmawati, & Sati, (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Ekosistem. Jurnal PGSD, 7(1), 37–44.

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,4(6),4784–4793.

Saryanto, (2021). Dasar-dasar Pendidikan. CV. Azka Pustaka.

Septy Nurfadhillah,. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Siregar, (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sultan, A. D., & Bancong, H. (2017). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Melalui Model. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5, 51–60.

Sultan, A. D., & Ma'ruf (2023) Penggunaan Multimedia Interaktif Termodinamika Android untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa. Jurnal Daring Eropa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Online. 1 (12).

Sumiharsono, R., Hasanah, H., Ariyanto, D., & Abadi, P. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Susanti, Lisa, dkk. (2024) Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol 5

Sutiah, (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran Sidoardjo : Nizamia Learning Center.

Swarjana, & Ketut (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.

Wulandari, & Agustina, (2023). Media Pembelajaran Matematika (Pengantar dan Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir sebagai Media Pembelajaran Matematika). Syiah Kuala University Press.

Yanti, Y. E., & Huda, M. (2023). Pengembangan Media Dasi (Diorama Siklus Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 66–74.

Downloads

Published

2025-03-30