PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA

Authors

  • Dianasari Dianasari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Juju Jumaroh Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Indry Novita Sari Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Putri Berliana Nurindah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Firda Amaliah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Sahla Nur Aulia Dewi Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23704

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasai, pendidikan dasar, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah 6 Surabaya dan kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Di era informasi yang berkembang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi keterampilan vital bagi siswa, khususnya di pendidikan dasar. Pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa yang beragam, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik. Melalui wawancara dengan Guru, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi strategi, tantangan, serta dampak positif dari pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi konten, proses, dan hasil secara signifikan berkontribusi pada terciptanya lingkungan kelas yang inklusif, dimana siswa didorong untuk terlibat aktif dan berpikir kritis. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya teknik asesmen, umpan balik, dan peran Guru dalam menjamin keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan alat yang efektif tidak hanya untuk meningkatkan pencapaian akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kehidupan siswa, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhillahwati,l N.,l &l Amaliyah,l A.l (2022).l SEKOLAHl DASARl PADAl PEMBELAJARANl MATEMATIKAl KURIKULUMl 2013l Dalaml Sisteml Pendidikanl Nasionall Hall tersebutl dinyatakanl padal tahunl 2013l Nol 20l ,pendidikanl adalahl usahal yangl disengajal danl terorganisirl untukl menciptakan.l 3(5),l 362–367

Haloho,l B.,l &l Napitu,l U.l (2023).l Pelaksanaanl Kegiatanl Literasil Danl Numerasil Bagil Pesertal Didikl Kelasl Tinggil Sekolahl Dasar.l Jurnall Serunail Administrasil Pendidikan,l 12(2)

Herwina,l Wiwinl (2021).l Optimalisasil Hasill Belajarl Denganl Pembelajaranl Berdiferensiasi.l Perspektifl Ilmul Pendidikanl -l journal.unj.ac.idl http://doi.org/10.21009/PIP.352.1

Surahman,l S.,l Dianasari,l D.,l &l Yulianawati,l D.l (2024).l Implementasil Modell Pembelajaranl Visuall Auditoryl Danl Kinestetikl Untukl Meningkatkanl Hasill Belajarl IPASl Kelasl IVl SD.l ULILl ALBAB:l Jurnall Ilmiahl Multidisiplin,l 3(8),l 595-603

Halimah,l N.l (2023).l Analisisl pembelajaranl berdiferensiasil sebagail bentukl implementasil kebijakanl kurikuluml merdeka.l Pendas:l Jurnall Ilmiahl Pendidikanl Dasar,l 8(1),l 5019-5019

Marlina.l (2020).l Strategil Pembelajaranl Berdiferensiasil Dil Sekolahl Inklusif.l Padang:l Cv.l Afifal Utama

Makki,l M.l I.,l &l Aflahah,l A.l (2019).l Konsepl dasarl belajarl danl pembelajaranl Pemekasan:l Dutal Medial Publishing

Ni’mah,l U.l N.l I.,l &l Mustofa,l T.l A.l (2024).l Strategil Pembelajaran Pendidikanl Agamal Islaml untukl Siswal Inklusil dil Sekolahl Menengahl Pertamal Kelasl Delapan.l Aulad:l Journall onl Earlyl Childhood,l 7(1),l 104-114

Dianasari,l B.l Maftuh.,l E.l Malihah.,l Y.l Hidayah.l (2021).l Kemampuanl refolusil konflikl interpesonall dalaml menguatkanl morall kognitifl siswal Sekolahl Dasar.l Jurnall Cakrawalal Pendas,l 7l (2),l 233-242

Putri,l R.l D.l R.,l Ratnasari,l T.,l Trimadani,l D.,l Halimatussakdiah,l H.,l Husna,l E.l N.,l &l Yulianti,l W.l (2022).l Pentingnyal keterampilanl abadl 21l dalaml pembelajaranl matematika.l Sciencel andl Educationl Journall (SICEDU),l 1(2),l 449-459

Downloads

Published

2025-03-30