PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23704Keywords:
pembelajaran berdiferensiasai, pendidikan dasar, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah 6 Surabaya dan kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Di era informasi yang berkembang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi keterampilan vital bagi siswa, khususnya di pendidikan dasar. Pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa yang beragam, berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menarik. Melalui wawancara dengan Guru, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi strategi, tantangan, serta dampak positif dari pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi konten, proses, dan hasil secara signifikan berkontribusi pada terciptanya lingkungan kelas yang inklusif, dimana siswa didorong untuk terlibat aktif dan berpikir kritis. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya teknik asesmen, umpan balik, dan peran Guru dalam menjamin keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan alat yang efektif tidak hanya untuk meningkatkan pencapaian akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kehidupan siswa, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.Downloads
References
Fadhillahwati,l N.,l &l Amaliyah,l A.l (2022).l SEKOLAHl DASARl PADAl PEMBELAJARANl MATEMATIKAl KURIKULUMl 2013l Dalaml Sisteml Pendidikanl Nasionall Hall tersebutl dinyatakanl padal tahunl 2013l Nol 20l ,pendidikanl adalahl usahal yangl disengajal danl terorganisirl untukl menciptakan.l 3(5),l 362–367
Haloho,l B.,l &l Napitu,l U.l (2023).l Pelaksanaanl Kegiatanl Literasil Danl Numerasil Bagil Pesertal Didikl Kelasl Tinggil Sekolahl Dasar.l Jurnall Serunail Administrasil Pendidikan,l 12(2)
Herwina,l Wiwinl (2021).l Optimalisasil Hasill Belajarl Denganl Pembelajaranl Berdiferensiasi.l Perspektifl Ilmul Pendidikanl -l journal.unj.ac.idl http://doi.org/10.21009/PIP.352.1
Surahman,l S.,l Dianasari,l D.,l &l Yulianawati,l D.l (2024).l Implementasil Modell Pembelajaranl Visuall Auditoryl Danl Kinestetikl Untukl Meningkatkanl Hasill Belajarl IPASl Kelasl IVl SD.l ULILl ALBAB:l Jurnall Ilmiahl Multidisiplin,l 3(8),l 595-603
Halimah,l N.l (2023).l Analisisl pembelajaranl berdiferensiasil sebagail bentukl implementasil kebijakanl kurikuluml merdeka.l Pendas:l Jurnall Ilmiahl Pendidikanl Dasar,l 8(1),l 5019-5019
Marlina.l (2020).l Strategil Pembelajaranl Berdiferensiasil Dil Sekolahl Inklusif.l Padang:l Cv.l Afifal Utama
Makki,l M.l I.,l &l Aflahah,l A.l (2019).l Konsepl dasarl belajarl danl pembelajaranl Pemekasan:l Dutal Medial Publishing
Ni’mah,l U.l N.l I.,l &l Mustofa,l T.l A.l (2024).l Strategil Pembelajaran Pendidikanl Agamal Islaml untukl Siswal Inklusil dil Sekolahl Menengahl Pertamal Kelasl Delapan.l Aulad:l Journall onl Earlyl Childhood,l 7(1),l 104-114
Dianasari,l B.l Maftuh.,l E.l Malihah.,l Y.l Hidayah.l (2021).l Kemampuanl refolusil konflikl interpesonall dalaml menguatkanl morall kognitifl siswal Sekolahl Dasar.l Jurnall Cakrawalal Pendas,l 7l (2),l 233-242
Putri,l R.l D.l R.,l Ratnasari,l T.,l Trimadani,l D.,l Halimatussakdiah,l H.,l Husna,l E.l N.,l &l Yulianti,l W.l (2022).l Pentingnyal keterampilanl abadl 21l dalaml pembelajaranl matematika.l Sciencel andl Educationl Journall (SICEDU),l 1(2),l 449-459
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.