PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH INKLUSIF SD MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23702Keywords:
peran guru, karakter siswa, pendidikan inklusif, metode pembelajaran, interaksi sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam membentuk karakter sosial siswa di SD Muhammadiyah 6 Surabaya dalam lingkungan pendidikan inklusif. Guru tidak hanya berperan sebagai pendidik akademik, tetapi juga sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai sosial seperti kerja sama, empati, dan tanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai metode pembelajaran. Pembelajaran kelompok diterapkan untuk meningkatkan interaksi sosial, diskusi proyek untuk melatih tanggung jawab dan kepemimpinan, serta ice breaking untuk menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan interaktif. Guru juga membimbing Siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan bakti sosial untuk memperkuat nilai disiplin dan kepedulian sosial. Dalam pendidikan inklusif, guru memastikan bahwa setiap Siswa mendapatkan kesempatan yang sama dengan menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan suportif. Penelitian ini menegaskan bahwa peran Guru sangat penting dalam membentuk karakter sosial Siswa melalui metode pembelajaran dan interaksi sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif.Downloads
References
Asbari, M., Novitasari, D., Wardoyo, S., & Lafendry, F. (2024). Membangun lingkungan belajar positif: Seminar implementasi disiplin positif di sekolah menengah atas. Niswantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 8-14.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.
Dianasari, Maftuh, B., Malihah, E., & Hidayah, Y. (2021). Kemampuan resolusi konflik interpesonal dalam menguatkan moral kognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 233–242.
Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi pendidikan inklusif sebagai perubahan paradigma pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 302-311.
Hasani, I., & Kurniawati, H. (2024). Membangun lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pembelajaran: Studi kasus sekolah ramah anak di SDIT AR-Rahmaniyah Depok. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 257-274.
Rahayu, F. S., Dianasari, D., & Tetaripas, K. N. (2022). Pendampingan Guru PAUD Dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring Peserta Didik di Masa Pandemi Melalui Aplikasi Icando. Surya Abdimas, 6(1), 151–158.http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1576
Simbolon, M. E. (2024). Profil keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 52-66.
Surahman, Dianasari, & DewiYulianawati. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Visual Auditory Dan Kinestetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 595–603.
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi nilai-nilai Islami dalam praktik kepemimpinan pendidikan: Membangun lingkungan pembelajaran yang berdaya saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66-77.
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 53-62.
Waruwu, E. W., & Bilo, D. T. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar: Strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pendidikan agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 254-268.
Yuliyanti, M., Agustin, A., Utami, S. D., Purnomo, S., & Wijaya, S. (2024). Mengembangkan pendekatan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar: Strategi desain dan implementasi pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.