MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS V SDN 14 BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23547Keywords:
hasil belajar, materi pecahan, media kartu pecahanAbstract
ABSTRAKThe formulation of the problem in this study is, can the use of fraction card media improve student learning outcomes in fraction material in class V SDN 14 Bongomeme? The purpose of this study was to improve student learning outcomes in fraction material through fraction card media in class V SDN 14 Bongomeme. This study uses a classroom action research (CAR) approach.The results of the preliminary study showed that out of 15 students, only 3 students achieved the performance indicator with a percentage of 20%. In cycle I, the number of students who achieved KKM was 5 students with a percentage of 34%, which still did not meet the classical completeness criteria set, which was 80%. Therefore, the implementation of classroom actions in cycle I was considered unsuccessful and continued to cycle II. In cycle II, 13 students achieved KKM with a percentage of 86%. The results of this study indicate that the use of fraction card media can significantly improve the learning outcomes of class V students at SDN 14 Bongomeme.Keywords : Keywords: Learning Outcomes, Fraction Material, Fraction Card MediaABSTRAKRumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SDN 14 Bongomeme? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan melalui media kartu pecahan di kelas V SDN 14 Bongomeme. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK).Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa dari 15 siswa, hanya 3 siswa yang mencapai indikator kinerja dengan persentase 20%. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa dengan persentase 34%, yang masih belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan, yakni 80%. Oleh karena itu, pelaksanaan tindakan kelas pada siklus I dianggap belum berhasil dan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, sebanyak 13 siswa mencapai KKM dengan persentase 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 14 Bongomeme.Kata kunci : Hasil Belajar, Materi Pecahan, Media Kartu PecahanDownloads
References
Abarca, R. M. (2021). Analisis Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan.Nuevos Sistemas de Comunicación e Información. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8197
BIantoro, R. N. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Era New Normal (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Chandra, A., & Hidayati. A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2): 280-292. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16142
Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2018). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58-68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798
Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan. Jurnal Auladuna, 1(2), 83–93. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/234/207
Sudjana, N. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/448
Teneng, T., Purwadi, J., & Kurniawan, E. (2019). Penerapan Algoritma Backtracking Pada Permainan Math Maze. Jurnal Informatika, 6(2). https://doi.org/10.21460/inf.2010.62.89
Tobing, A. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Kartu Domino dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK. Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. https://doi.org/10.33752/ns.v1i1.3370
Turrohmah, M. (2017). Hubungan kompetensi profesional guru Qur'an hadist dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Ma Nurul Ulum Tulungagung Kec Gading Rejo Kab Pringsewu (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1691
Wardana & Ahdar Djamaluddin. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. In CV. Kaafah Learning Center: Jakarta. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2677
Zainal Aqib, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: CV. Yrama Widya, 2009), Cet. V, hlm. 12. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/280
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.