PENGARUH PENDEKATAN PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23489Keywords:
problem-based learning (PBL), wordwall, mathematical concept understandingAbstract
Many students struggle with mathematical concepts due to less interactive teaching methods and minimal use of supporting media. This study examines the impact of a PBL approach with Wordwall on grade IV students' understanding of fractions. Using a quasi-experimental Non-equivalent Control Group Design, 60 students from SD Negeri Sukaraja 1 were selected. Data collection included 10 descriptive test questions and documentation.Results showed the experimental class had a higher average score (81.3) than the kontrol class (62.6), with an n-gain of 0.71 (high) versus 0.36 (moderate) in the kontrol group. This indicates that PBL with Wordwall significantly enhances students' mathematical understanding.Thus, PBL assisted by Wordwall makes learning more interactive and enjoyable, improving students' grasp of mathematical concepts, especially in fractions.Downloads
References
Astuti, Puji Dwi, Arifin Muslim, and Dhi Bramasta. 2020. “Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jambu 01.” Jurnal Wahana Pendidikan 7(2):185–92.
Atika, Nabila, Ngurah Ayu, and Nyoman Murniati. 2024. “Penerapan Model PBL Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Rejosari 01.” Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 11(1):201–10.
Dewanti, Gabriel Rafatu, and Winda Amelia. 2023. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Media Papan Pecahan Bagi Siswa Kelas IV C SDN Mekarjaya 13 Depok.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5:1256–66.
Habibi, M., A. Zikri, Chandra, A. Suriani, and N. F. Azima. 2023. “Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(1):3004–19.
Madyaratri, Yanwari Dewi, Wardono, and Kartono. 2022. “Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology.” Unnes Journal of Mathematics Education Research Dewi Yanwari Madyaratri 11(1):2020–68.
Maulana. 2016. Statistika Dalam Penelitian Pendidikan: Konsep Dasar Dan Kajian Praktis. Sumedang: Upi Sumedang Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, and Eri Juliawati. 2022. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3(2):167–75. doi: 10.57171/jt.v3i2.335.Press.
Novianti, Ade, Alwen Bentri, and Ahmad Zikri. 2020. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 4(1):194–202.
Pingkan, Reggina. 2021. “PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH KELAS VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan.”
Radiusman, Radiusman. 2020. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1):1. doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.
Sari, P.M., & Yarza, HN. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kuis Dan Wordwall Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Guru Sdit Al-Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif, 4 (2), 195-199.”
Strobel, Johannes. 2009. “Machine Translated by Google Jurnal Interdisipliner Pembelajaran Berbasis Masalah Kapan PBL Lebih Efektif ? Sebuah Meta-Sintesis Dari Meta-Analisis Yang Membandingkan PBL Dengan Kelas Konvensional Machine Translated by Google Kapan PBL Lebih Efektif ? Seb.”
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1(11).
Unaenah, Een, Annisa Nurfaizah, Dhita Safitri, Nia Rahmawati, Rina Siti, Nur Fatimah, Astri Putri Adinda, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Melalui Media Cd.” Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 2(2009):303–18.
Wahyuni, Rika, and Nindy Citroresmi Prihatiningtyas. 2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan.” Variabel 3(2):66. doi: 10.26737/var.v3i2.2269.
Wibawa, Muhammad, Ratnadi, and Lalu Affandi. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS I SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2019/2020.” 1:72–79.
Wibowo, Dwi Cahyadi, Lhadyza Ocberti, and Adriana Gandasari. 2021. “Studi Kasus Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 01 Nanga Merakai.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4(1):60–64. doi: 10.54367/aquinas.v4i1.974.
Widyana, Aragilika. 2024. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 SD.”
Yelnosia, Rahma, and Taufina Taufik. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar Application of the Problem Based Learning Model in Integrated Thematic Learning for Grade V of Elementary Schools.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 8:166–83.
Zamzamy, Khairani Daulay. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 066655 Medan T.A 2021/2022.”
Zulfaa, N. K., R. I. Sulistiani, and F. Mustafida. 2023. “UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PUNTEN 02 KOTA BATU Kamila.” 5:306–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.