KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI INPRES SEREH KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Tipuk Widiastuti Universitas Kristen Satyawacana
  • Bambang Ismanto Universitas Kristen satya Wacana
  • Wasito Hadi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23246

Keywords:

Kepemimpinan ,menejerial kepala sekolah, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Inpres Sereh, Kabupaten Jayapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan kepala sekolah dan tujuh orang guru yang dipilih sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen, serta dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kepala sekolah telah berusaha untuk meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan, seminar, dan motivasi, implementasi program ini belum optimal karena terbatasnya akses pelatihan dan sumber daya. Selain itu, peran pengawasan kepala sekolah, meskipun aktif, belum dilaksanakan secara konsisten akibat beban administrasi yang tinggi. Penelitian ini menyoroti pentingnya kepemimpinan manajerial dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memotivasi guru, dan memastikan evaluasi yang konsisten untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan yang lebih kuat, pengawasan yang lebih sering, dan peningkatan peluang pelatihan sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja guru di sekolah ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hallinger, P. (2005). Instructional leadership and the school principal: A passing fancy that refuses to fade away. Leadership and Policy in Schools, 4(3), 221-239.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). A review of research on the effects of transformational leadership on school improvement. Journal of Educational Administration, 43(4), 319-337.

Robinson, V. M. (2007). School leadership and student outcomes: Identifying what works and why. Australian Council for Educational Research.

Waters, T., Marzano, R. J., & McNulty, B. A. (2003). Balanced leadership: What 30 years of research tells us about the effect of leadership on student achievement. McREL.

Bone, T. R. 1982. Educational Administration. British Journal of Educational Studies. Vol. 30. https://doi.org/10.1080/00071005.1982.9973611.

Abdillah, M. H. (2018). Pengembangan budaya sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buduran Sidoarjo. Halaqo: Islamic Education Journal, 2(1), 74-86.

Anshori, Didin, Anang Kistyanto, Dewie Tri, and Wijayati Wardoyo. 2024. “Pengaruh Perilaku Novatif Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Penggerak SMP Di Kabupaten Magetan.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5: 1313–22. https://jurnaledukasia.org.

Creswell, J. W. (2013). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febrianti, Indri, Dimas Dwika Syahramanda, Ardin Rizky Andre Sagala, Salwa Salsabila, Rani Zaskia Ariesky, and Inom Nasution. 2023. “Manajemen Dan Teknik Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Program Supervisi Di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam 5(1): 29–45. doi:10.30739/jmpid.v5i1.2089.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73.

https://repository.uksw.edu//handle/123456789/14171

Istikhomah. (2018). Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Nur El-Islam, 13(2).

Kompri. (2017). Standarisasi kompetensi kepala sekolah: Pendekatan teori untuk praktek profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa, H. E. (2013). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. (2013). Menjadi kepala sekolah yang hebat. Pekanbaru: Zanafa.

Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya kepala sekolah untuk peningkatan kompetensi profesional guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95-103.

Setiyadi, B. (2020). Supervisi dalam Pendidikan. Purwodadi: Sarnu Untung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyadi, Bradley, and Viona Rosalina. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 75–84. doi:10.51276/edu.v2i1.81.

Downloads

Published

2025-03-09