PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENGUATAN TRANSFIGURASI KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ucik Dewi Masithoh Universitas Jambi
  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi
  • Andi Gusmaulia Eka Putri PGSD FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23228

Keywords:

accessibility, managerial, role principal, curriculum transfiguration

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan aksesibilitas penguatan transfigurasi kurikulum. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada semester ganjil 2024/2025 dengan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru kelas IV, dan operator sekolah. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran penting dalam meningkatkan aksesibilitas penguatan transfigurasi kurikulum melalui empat fungsi manajerial utama. (1) Perencanaan, kepala sekolah mempersiapkan segala aspek yang diperlukan dalam implementasi kurikulum baru, yang meliputi persiapan tenaga pendidik, peserta didik, perangkat ajar, serta berbagai bentuk kegiatan dan anggaran yang dibutuhkan untuk peningkatan aksesibilitas penguatan transfigurasi kurikulum. (2) Pengorganisasian, kepala sekolah membagi tugas dan tanggung jawab kepada tenaga pendidik dan kependidikan sesuai kompetensi masing-masing guna memastikan efektivitas pelaksanaan program. (3) Penggerakan, kepala sekolah memberikan arahan, motivasi, dan dukungan kepada tenaga pendidik dan kependidikan agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal. (4) Pengawasan, kepala sekolah melakukan pengawasan program dengan melakukan supervisi dan evaluasi secara berkala untuk memastikan ketercapaian target kurikulum. Evaluasi dilakukan melalui rapat kerja komunitas belajar (KOMBEL) serta pertemuan personal dengan guru untuk membahas perkembangan dan kendala program yang dijalankan. Berdasarkah hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran strategis dalam meningkatkan aksesibilitas penguatan transfigurasi kurikulum. Melalui fungsi manajerial yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, kepala sekolah mampu memastikan bahwa implementasi kurikulum baru dapat berjalan efektif dan sesuai dengan kebutuhan sekolah.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 Hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. Https://Doi.Org/10.53395/Jes.V4i2.179

Laelasari, T., & Nasrudin, A. (2022). Perbedaan Pemimpin Dan Manajer Dalam Organisasi. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 105-111.

Rahmania, T., & Ali, I. (2024). Analisis peran komunitas lokal, aksebilitas sekolah, dan inovasi pembelajaran. 1. 985–989.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. Https://Doi.Org/10.33884/Psnistek.V5i.8067

Syafitri, A., Sesmiarni, Z., & Devi, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Di SMP N 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11401–11410.

Yantoro, Y. (2021). Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul di Masa Pandemi. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 175-181.

Downloads

Published

2025-01-03