STRATEGI EFEKTIF GURU DALAM MENYUSUN TEMA UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK

Authors

  • Siti Masnimah Soraya Universitas Lambung Mangkurat
  • Halimatus Sa'diah
  • Rezki Septiana Universitas Lambung Mangkurat
  • Yana Sartika Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23108

Keywords:

strategi, menyusun tema, pembelajaran tematik

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema yang sama, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui keterkaitan antara disiplin ilmu yang berbeda. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi efektif yang dapat diterapkan oleh guru dalam menyusun tema pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan angket yang dilakukan kepada para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan tema yang relevan dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, integrasi berbagai mata pelajaran dalam satu tema, pemahaman karakteristik siswa, serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif menjadi faktor penting dalam kesuksesan pembelajaran tematik. Penelitian ini juga menemukan bahwa pemanfaatan teknologi dan keterlibatan orang tua serta komunitas dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan strategi yang tepat, pembelajaran tematik dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Suriansyah, Ahmad Aslamiah, Sulaiman Sulaiman, and Noorhafizah Noorhafizah. "Strategi pembelajaran." (2014).

Fatmawati, Endang, Abdi Yalida, Didik Efendi, Abdul Wahab, Akhmad Riandy Agusta, Retno Novitasari Kusumawardani, Diani Ayu Pratiwi, Dea Mustika, Emy Yunita Rahma Pratiwi, and I. Joko Dewanto. Pembelajaran Tematik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.

Fitriani, S. (2021). Peran Orang Tua dan Komunitas dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 6330-6338.

Hamid, M. (2022). Pendekatan Pembelajaran Tematik: Teori dan Praktik di Kelas. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hidayah, N. (2017). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Juanda, A. (2019). Pembelajaran kurikulum tematik terpadu. Teori dan praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik.

Kurniawan, D. (2019). Refleksi dan Evaluasi dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Lestari, R. (2022). Metode Variatif dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknolog.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/mi. Prenada Media.

Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran Tematik di SD/MI; Pengembangan Kurikulum 2013. Samudra Biru.

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673-682.

Nasution, S. (2021). Metode Pembelajaran: Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Noorhapizah, Noorhafizah, Diani Ayu Pratiwi, and Karmilla Ramadhanty. "Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Cakrawala Ilmiah 2, no. 2 (2022): 613-624.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Purwanto, E. (2019). Integrasi Mata Pelajaran Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Rahmat, A. (2021). Perumusan Tujuan Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Santoso, H. (2020). Teknologi dalam Pembelajaran Tematik: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan

Suyitno, W. (2020). Pengembangan Pembelajaran Tematik Berbasis Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech, 1(2), 129-136.

Yustitia, V., Fanny, A. M., Kusmaharti, D., & Setiawan, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Manggali, 1(2), 137-149.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)