PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK 3D TERHADAP MINAT BACA KELAS II SDN MARGOREJO 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23089Keywords:
Media Pembelajaran Pop-Up Book 3D, Minat BacaAbstract
Tujuan adanya riset ini untuk memahami adakah efek antara media buku Pop Up 3D terhadap adanya minat baca siswa kelas II SDN Margorejo I Surabaya.Rancangan penelitian menggunakan Quasi Experiment Design dengan model Nonequivalent Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas II A sebagai kelas eksperimen yang akan memakai media Pop-Up Book 3D dalam proses pembelajaran dengan jumlah 28 orang dan seluruh siswa kelas II B sebagai kelas kontrol yang akan memakai teks cerita dengan jumlah 28 orang. Metode dalam pengumpulan data yang dipakai peneliti dalam meneliti ialah angket yang diberikan kepada siswa kelas II SDN Margorejo I Surabaya pada saat kegiatan pembelajaran. Teknik penganalisisan data yang akan dipakai peneliti padapenelitian ialah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji mann-whitney. Riset ini dioleh menggunakan IBM SPSS 21 for Windows. Setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas, seluruh informasi data yang diperoleh dalam penelitian tidak berdistribusi normal dan tidak bervariansi homogen. Maka dari itu penelitian ini melanjutkan dengan menggunakan Uji lain yaitu Non Parametric (Uji MannWhitney). Berdasarkan penelitian yang diolah melalui IBM SPSS 21, diketahui dari hasil penelitian dari output “Test Statistics” dalam menguji Mann-Whitney menunjukan bahwa hasil dri nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000<0,05 yangberarti H0 ditolak. Hal tersebut bisa ditarik kesimpulan adanya ketidaksamaan, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa ada dampak media pembelajaran buku popup 3D terhadap suatu minat membaca siswa kelas II SDN Margorejo 1 SurabayaDownloads
References
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Agustiani, S., Haris, A., & Mansur, R. (2023). Pendidikan Menurut Perspektif Tokoh Filsuf Barat. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 816–823. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4219
Andari, T. F., & Friska, N. (2024). Pengembangan Media Buku Pop Up dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di UPT SPF TK Negeri 03 Beringin T . A 2022 / 2023. 4, 9–23.
Auliyah, N., & Sujarwanto, D. (2020). Penggunaan Media Buku Pop-Up Terhadap Minat Baca Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan, 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/10383
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Eka Nanda Banowati, Mudrikatunnisa Mudrikatunnisa, Alvita Rizki Maula, & Nur Fajrie. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116–127. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448
Elendiana, M. (n.d.). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.
Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD Erica 1 , Sukmawarti 2 1,2 Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Journal Ability : : Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Faijah, N., Nuryadi, N., & Hetty Marhaeni, N. (2022). Efektiivitas Penggunaan Game Edukasi Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.194
Firdaus, M. (2010). Intrumen Penelitian. Metodelogi Penelitian, 15–20.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Fitriyani, I., Munandar, N. A., Melita, C., & Ferryka, P. Z. (2024). Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas 5 Ssekolah Dasar. 1(1), 73–78.
Hidayati, I. M., Yasbiati, Y., & Nurzaman, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kelompok a Tk Sejahtera 4. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26678
Ikandri, N. (2003). Hubungan Minat, Motivasi..., Ikandri ci, Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2011. 1–9.
Inayah, A., Harahap, F. K. S., Widia, F., Purba, H. M., & ... (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS di MI/SD. Jurnal Pendidikan …, 8, 674–681. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12446%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12446/9577
Iriani Astuti, Endra Putra Raharja, & Asrul. (2022). Pop-Up Book untuk Mendorong Minat Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 33–41. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.18
Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.336
Khusaini, A. (n.d.). Analasis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di spa club arena yogyakarta.
Lolang, E. (2015). ) yaitu hipotesis yang akan diuji. Biasanya, hipotesis ini merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa suatu parameter populasi memiliki nilai tertentu. 3, 685–695.
Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Nariratri, G., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2023). Bacaan digital: pengaruh aspek keunggulannya terhadap meningkatnya minat baca mahasiswa. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 1449–1456.
Novyanti, R., Dahrani, F., Padli, P., & Maharani, S. H. (2019). Manajemen Perpustakaan Sekolah pada SDN Mawar VI Banjarmasin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 54. https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.627
Nurhikmah, Y., Awan Asri, S., & Ayuningru, S. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/509
Nursalinah, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 2(1), 65–72.
Nuzile, Syazali, M., & Sobri, M. (n.d.). Analisis Jenis-jenis Media Pembelajaran yang Efektif untuk Menarik Minat Belajara Siswa.
Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728
Prastyo, D., Sulistyowati, I., Budiyono, S. C., Salsabila, S. P., Safitri, D. I., & Qotrunnada, E. (2025). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 348-353.
PRATALA, B. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Praja Ipdn Kampus Jakarta. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 223–237. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1528
Putri, S. (n.d.). Pemanfaatan Internet Untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS di IKIP Silingwangi. In Sripsi (pp. 1–57).
Rohmah, N., Karim, M. B., & Saputro, S. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Proyek Berbasis Konten Video terhadap Minat Baca Generasi Z di Kabupaten Bangkalan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 38. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.68148
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Sari, Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F. (1967). Modul Media Pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Septiana, D., Marwa, A. A., Susana, N. A., & Marini, A. (2023). Pengaruh Metode Pop Up Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam : Meta Analisis. Journal of Educational and Language Research, 2(11), 1169–1188.
Sidharta, A. (2015). Media Pembelajaran. Journal Academia Accelerating the World’s Research, 1, 1–29.
Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34. https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.1810
Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. Pembinaan Minat Baca, 1–49.
Sukmawati, F. (1967). Media Pembelajaran. In Biogeografia.
Surya Ramadhan, R., & Gusmaneli. (2024). Cendikia Cendikia. 1206, 415–420.
Tang, M., Mansur dan Ismail Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar, A., Al-Azhaar Lubuklinggau, I., & Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar Muhammadtang, S. (2021). LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN: Telaah Pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. MODERATION: Journal of Islamic Studies Review, 01, 47–56. http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/index
Tarigan, N. T. (2014). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 02(02), 141–152.
Tarihoran, D. E., Pd, S., & Th, M. (2019). Bahan Ajar Media Pembelajaran.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Ulfiah, U. H. (2023). إعداد الكتاب المجسّم (Pop Up Book) لترقية مهارة الكلام في مدرسة مجاهدين المتوسطة الإسلامية كينديلان سامبونج بلورا. In An-Nuur (Vol. 13, Issue 1). https://doi.org/10.58403/annuur.v13i1.258
Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/Teori-teori Belajar dan Pembelajaran.pdf
Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Buku Uji Persyaratan Analisis. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang.
Widya A. P., Achmad. F., Danang. P., (2020) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Spesial Issue Volume 16 No. 30s (2020)
Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909
Yashinta Ningrum. (2016). Minat membaca pada siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–23.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.