PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS 2 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23034Keywords:
Model Discovery Learning, Pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini memliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model discovery Learning pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah terhadap pemahaman konsep siswa kelas 2 SD. Penelitian menggunakan kualitatif dengan metode quasi experimental. termasuk kedalam nonequivalent control grup design, dengan jenis posttest only control grup design. Karena melakukan dengan dua kelompok, maka satu kelas yaitu kelas eksperimen, menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas satunya yaitu kelas kontrol menggunakan Problem Based Learning. penggunaan tersebut untuk mengetahuiperbedaan hasil atau akibat penggunaan model dari media yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngagel Rejo 1/396 Surabaya. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD dan sampel yaitu kelas yang akan menjadi kelompok eksperimen adalah kelas 2A sedangkan kelompok kontrol adalah kelas 2 SD dengan menggunakan nonequivalent posttest-only control. teknik instrumen tes tulis, teknik analisis data menggunakan prasyarat dan uji Hipotesis. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-Test Terdapat pengaruh yang sangat signifikasi model Discovery Learning materi Operasi hitung penjumlahan bilangan cacah dalam meningkatkan pemahaman konsep kelas 2 SDN Ngagel Rejo 1/396 Surabaya”.Downloads
References
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Istiqomah, I. A., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 227–232.
Firdausy et al., 2024). (2024). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 37–42. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.127
Handayani, S. D. W. I. (2016). Pengaruh konsep diri dan kecemasan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. 6(1), 23–34.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Lase, A., & Ndruru, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.6
Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shoping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.55173
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267–273.
Tauhid, K., Putri, M., Azzahra, N., & Lestari, W. D. (2024). Implementasi Inovasi pembelajaran berbasis Discovery Learning melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran secara Efektif di SDN Bojong Kiharib. 3, 3449–3457.
Vahlia, I., & Agustina, R. (2016). Perbandingan hasil belajar Discovery Learning berbasis problem solving dan group investigation berbasis problem solving pada pembelajaran metode numerik. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(1), 635–637. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.469
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.