PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 92 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22931Keywords:
Model Pembelajaran Make A Match, Video Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model make a match berbantuan media video pembelajaran pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN 92 Singkawang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 92 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model make a match berbantuan media video pembelajaran pada materi cahaya dan sifatnya kelas V SDN 92 Singkawang dengan hasil perhitungan uji T yaitu T-hitung = 5,22117 ≥ nilai T-tabel = 1,70329, maka terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran make a macth berbantuan media video terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V. 2) Terdapat pengaruh yang besar model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 92 Singkawang dengan perhitungan uji Effect Size dengan nilai rata-rata pre-test = 29,64 < rata-rata post-test = 91,43 yang bearti dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS.Downloads
References
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.
Febriany, T. A., & Kurniawan, H. Y. (2019). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Mata Kuliah Hukum Acara Perdata). Res Judicata, 2(1), 243–258.
Huda, D. K. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Android Video di Masa Pandemi Covid-19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 4(2), 18–24.
Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80.
Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80.
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643.
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. 14(2), 135–146.
Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.
Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.