STUDI FENOMENOLOGIS PENGALAMAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22882Keywords:
innovative learning, phenomenology, teacher experienceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman guru dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis, yang memungkinkan peneliti untuk menggali secara mendalam pengalaman guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat orang guru yang telah menerapkan pembelajaran inovatif di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru menghadapi berbagai tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya dukungan dari pihak manajemen sekolah, dan resistensi dari sebagian siswa. Namun, mereka juga memperoleh berbagai manfaat, seperti peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, serta pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran inovatif membutuhkan komitmen, kreativitas, dan kerja sama yang kuat dari semua pihak terkait.Downloads
References
Aini, Miza Rahmatika, and Peni Nohantiya. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Kedua Bagi Siswa Desa Jatinom.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4, no. 3 (2020): 2–7. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2455/pdf.
Ali, M., & Asrori, M. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara, 2022.
Deviyanti, I. “Konsep Dan Pengembangan Pembelajaran Yang Inovatif.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (2021).
Dewi, F. “Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek.” Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 9, no. 2 (2015).
Firmadani, F. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020): 93–97.
Fransiska, L. O., Ariani, N., & Hamdi, H. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. J.” Jurnal Pendidikan KITA 1, no. 1 (2024): 1-14.
Friscilla wulan, Novia, Alviaderi, Hidayatul. “Competitiveness vs Unmotivated : Studi Fenomenologi Pengalaman Mahasiswa Dalam Penggunaan Learning Management System (Lms)” 22, no. April 2022 (2023): 125–132.
Handriyantini, E. Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan. Malang: Seribu Bintang, 2020.
Hasriadi, H. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (2022): 136–151.
HIDAYAH, I. N. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada MTs Di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2020.,” 2020.
Hulu, Y. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi Dan Media Pembelajaran.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 840-846.
Irianto, I, and S Subandi. “Studi Fenomenologis Kebahagiaan Guru Di Papua.” Gajah Mada Journal Of Psychology 1, no. 3 (2015): 140–166.
Khawani, Ahmad, and Jati Rahmadana. “Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Abad 21 Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Kreatifitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 231–240.
Lestari, Dwi Indah, and Heri Kurnia. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital.” JPG : Jurnal Pendidikan Guru 4, no. 3 (2023): 205–222.
Lestari, Heldia Oldia, and Dinar Pratama. “Problematika Pembelajaran Daring: Studi Fenomenologi Pada Siswa SMP/SMA/SD Di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah.” Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 24–31.
Mubarok, Husni, and Syailin Nichla Choirin Attalina. “Studi Fenomenologi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Tinggi.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2022): 75–87.
Purwadhi, Purwadhi. “Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Mimbar Pendidikan 4, no. 1 (2019): 21–34.
Rosyad, Ali Miftakhu. “Pendidikan AGama Islam Analisi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Musawa l, no. 1 (2019): 161.
Sartono, E. Kus Eddy. “Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Melalui Budaya Sekolah (Studi Fenomenologi Di SD Tumbuh I Yogyakarta).” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 2 (2019): 43–50.
Senjaya, Pierre, Fredson Kotamena, Charter Bing Andika, and Agus Purwanto. “UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Kasus: Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Tata Nilai Terhadap Kecerdasan Emosi Dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Di Serpong” 2 (2020): 22–39.
Shaleh, Try Wahyudi. “Mengoptimalkan Peran Guru Dalam Melakukan Inovasi Pendidikan” (2022): 1–6.
Shofiul, Mifullah. “Konsep Teori Media Pembelajaran Inovatif.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018. 1, no. 1 (2018): 10–17.
Solechan, S., Afif, Z. N. M., Sunardi, S., Masrufa, B., & Rofiq, A. “Pelatihan Dan Pendampingan Tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Bidang Profesional Di SMA Primaganda Jombang.” An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2023): 135–146.
Tibahary, Abdur Rahman. “Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana.” Scolae: Journal of Pedagogy 1, no. 03 (2018): 54–64.
Wulandari, M. D. “Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Kurikuler Dan Ekstrakurikuler.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 9, no. 2 (2021): 116–131.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.