STRATEGI GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Authors

  • Marsam Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22853

Keywords:

Strategi Inovatif, Guru Penggerak, Pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Pendidikan saat ini menghadapi tantangan besar dalam mempersiapkan generasi muda untuk keterampilan seperti berpikir kritis, kreatif, dan adaptif untuk abad ke-21. Pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dengan melibatkan siswa dalam menyelesaikan proyek nyata yang relevan dengan dunia modern. Pendekatan pembelajaran konvensional dianggap tidak efektif dalam mencapai tujuan ini, sehingga diperlukan strategi yang lebih inventif. Guru penggerak yang menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel, kontekstual, dan inovatif. Implementasi strategi ini mencakup perencanaan pembelajaran, penerapan model berdiferensiasi, dan pelaksanaan evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Selain itu, strategi ini juga mencakup peningkatan kemampuan guru dan siswa. Pembelajaran berbasis proyek yang digunakan oleh guru penggerak dapat meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis dan bekerja sama, dan meningkatkan profil siswa Pancasila serta untuk meningkatkan kualitas Pendidikan yang sesuai dengan kebijakan Kurikulum Merdeka dan tantangan global abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910

Djuningsih, I., Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2024). ` Dampak Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Perkembangan Karakter Anak. 3(4).

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Gustian, I. F., & Tersta, F. W. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA NEGERI 11 Muaro Jambi: Definisi Kurikulum Merdeka, Peran Guru Dalam Mengembangkan …. Education Library, 2021. https://online-journal.unja.ac.id/edlib/article/view/34754

Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., Fatmi Utami, E., Rahmatul Istiqomah, R., Asri Fardani, R., Juliana Sukmana, D., & Hikmatul Auliya, N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu (Issue Maret).

Mardin, H., Husain, I. H., & Mamu, H. D. (2024). Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tibawa Provinsi Gorontalo. 11(2), 1–12.

Martina Lona, J. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090

MUJIBURRAHMAN, M., SUHARDI, M., & HADIJAH, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432

Nizan, A., Alqadri, B., Yuliatin, Y., & Herianto, E. (2023). Strategi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1325–1336. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1423

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Riyanto, Yatim; Oktariyanda, T. A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

S.Pd., D. U. Q. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. https://doi.org/10.22146/jkn.71741

Sodik, N., Oviyanti, F., & Afghani, M. W. (2022). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Program Guru Penggerak. Studia Manageria, 4(2), 107–120. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v4i2.9929

Susanti1, H., Mulyawan2, H., Purnama3, R. N., Aulia4, M., Kartika5, I., Agama, I., Nasional, I., & Roiba, L. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 6, 2415–2424. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.1339

Taufiqurrahman, & Junaidi. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. International Journal of Educational Resources, 2(2), 225–241.

Wuryaningsih, W. (2023). Program Pendidikan Guru Penggerak, Efektifkah?: Sebuah Ulasan pada Kerangka Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 4(2), 17–26. http://www.ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/130%0Ahttp://www.ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/download/130/88

Yaya Sunarya & Tedi Priatna. (2009). Metode Penelitian Pendidikan.

Downloads

Published

2025-03-09