IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS SUNAN MURIA KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22751Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mutu PendidikanAbstract
Lembaga sekolah memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan sekolah, sehingga perlu mengatur perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi segala aspek yang ada di sekolah salah satunya melalui kurikulum yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak Kabupaten Demak dengan menggunakan teori implementasi George Edward III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berfokus pada mendeskripsikan suatu peristiwa dan kejadian yang telah terjadi pada saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan manajemen data, pengkodean, dan penyajian hasil olahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Komunikasi pelaksana implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak Kabupaten Demak sudah berjalan dengan baik 2) Sumber daya dalam implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak Kabupaten Demak sudah memadai walaupun belum maksimal 3) Disposisi dalam implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak Kabupaten Demak sudah berjalan dengan baik 4) Struktur Birokrasi implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Gugus Sunan Muria Kecamatan Demak Kabupaten Demak belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bahwa sekolah harus membangun komunikasi yang efektif agar terbentuk struktur birokrasi yang baik guna tercapainya implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.Downloads
References
Abdoellah, Awan. 2016. Teori & Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Amri, Ulil. 2021. Konsistensi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2200-2205.
Barlian, Ujang Cepi. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Fadil, Khaidir. 2023. Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Journal of Elementary Education, 7(2), 1-27. Harahap, Fitra. 2023. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMA Swasta PAB 1 Medan Estate. Journal On Education, 6(1), 1628-1633.
Fadila, Riza. 2020. Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81-88.
Marpaung, Flowrent. 2023. Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3761-3722.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Pramono, Joko. 2022. Implementasi dan Evaluasi Kebijakan. Surakarta: UNISRI Press.
Pratiwi, Wiwik. 2023. Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10(1), 80-90.
Ravyansah, dkk. 2022. Kebijakan Publik. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Rezeki, Ulfah Sari. 2022. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Rosmana, Primanita. 2023. Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3161-3172.
Rusmiati, Mei Nur. 2023. Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499.
Supangat. 2022. Kurikulum 2022 Mengenal Kurikulum Prototype bagi Sekolah & Guru. Depok: School Principal Academy.
Tanjung, Alber. 2024. Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Kebijakan Publik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 545-551. Zohriah, Anis. 2023. Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen DiLembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 5449-5460.
Sarohmad. 2023. Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Suparno. 2017. Implementasi Kebijakan Publik dalam Praktek. Sidoarjo: Dwiputra Pustaka Jaya.
Zohriah, Anis. 2023. Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen DiLembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 5449-5460.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.