IMPLEMENTASI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SDK KEKAJODHO

Authors

  • Maria Trisanti Woga STKIP Citra Bakti
  • Konstantinus Dua Dhiu STKIP Citra Bakti
  • Yasinta Maria Fono STKIP Citra Bakti
  • Efrida Ita STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22723

Keywords:

Pojok Baca, Literasi

Abstract

Penelitian dengan judul Implementasi Program Pojok Baca Untuk Me ningkatkan Literasi Siswa Di SDK Kekajodho bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SDK Kekajodho. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penulisan kepustakaan dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan untuk  mengetahui permasalah literasi yang ada di SDK Kekajodho. Berdasarkan hasi wawancara  dengan kepala sekolah, guru kelas dan guru mata pelajaran di jelaskan  bahwa perlu adanya tindak lanjut dalam meningkatkan literasi yang ada di SDK Kekajodho. Salah satu bentuk tindak lanjutnya  yang dilakukan adalah melalui program pojok baca. Hasil dari penelitian ini  menunjukan bahwa implementasi pojok baca dapat meningkatkan literasi siswa, meningkatkan minat baca siswa, menambah wawasan dan pengetahuan siswa serta dapat membantu guru dalam memnciptakan pembelajaran yang bervariatif.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2019). Media Literasi Sekolah (Teori dan Pratik), cet-IV. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa mi muhammadiyah kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Safira, B. I., & Wibowo, D. C. (2023). IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 79-88.

Santi, F. U., & Setyaningsih, N. (2023). Implementasi Pembuatan Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa SD Muhammadiyah Sambeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1007-1013.

Sueca, N. (2016). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis sPermainan Bahasa. Bali: Nilacakra

Varia, A., K. (2004). Budayakan Literasi dengan Pojok Baca. Diakses pada tanggal 26 Juni 2023 dari situs: http:jatengpos.cp.id/budayakan-literasi-dengan-pojok-baca.

Yuliani, W. (2018). Penelitian Metode Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling.EJournal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/,2,9.http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/q uanta/article/view/1641/911

Zuhri Husna (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Diakses pada 9 September 2023 dari siteus: https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374/1548

Downloads

Published

2024-12-31