IMPLEMENTASI PROGRAM POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SDK KEKAJODHO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22723Keywords:
Pojok Baca, LiterasiAbstract
Penelitian dengan judul Implementasi Program Pojok Baca Untuk Me ningkatkan Literasi Siswa Di SDK Kekajodho bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SDK Kekajodho. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penulisan kepustakaan dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan untuk mengetahui permasalah literasi yang ada di SDK Kekajodho. Berdasarkan hasi wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan guru mata pelajaran di jelaskan bahwa perlu adanya tindak lanjut dalam meningkatkan literasi yang ada di SDK Kekajodho. Salah satu bentuk tindak lanjutnya yang dilakukan adalah melalui program pojok baca. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pojok baca dapat meningkatkan literasi siswa, meningkatkan minat baca siswa, menambah wawasan dan pengetahuan siswa serta dapat membantu guru dalam memnciptakan pembelajaran yang bervariatif.Downloads
References
Ahmadi, F. (2019). Media Literasi Sekolah (Teori dan Pratik), cet-IV. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa mi muhammadiyah kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.
Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.
Safira, B. I., & Wibowo, D. C. (2023). IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. JPPM: Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 79-88.
Santi, F. U., & Setyaningsih, N. (2023). Implementasi Pembuatan Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa SD Muhammadiyah Sambeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1007-1013.
Sueca, N. (2016). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis sPermainan Bahasa. Bali: Nilacakra
Varia, A., K. (2004). Budayakan Literasi dengan Pojok Baca. Diakses pada tanggal 26 Juni 2023 dari situs: http:jatengpos.cp.id/budayakan-literasi-dengan-pojok-baca.
Yuliani, W. (2018). Penelitian Metode Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling.EJournal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/,2,9.http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/q uanta/article/view/1641/911
Zuhri Husna (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Diakses pada 9 September 2023 dari siteus: https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/3374/1548
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.