IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS MOBILE (WEB GAME) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL ANAK

Authors

  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Riski Nur Safitri FKIP, Universitas PGRI Argopuro Jember,Indonesia
  • Hisbiyatul Hasanah FKIP, Universitas PGRI Argopuro Jember,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22559

Keywords:

Digital Literacy, Language Learning, Mobile (Web Game)

Abstract

Di zaman milenial, di mana teknologi berkembang dengan cepat, pendidikan tidak lagi terbatas pada buku teks atau dinding kelas. Teknologi telah memungkinkan siswa dan guru bekerja sama di seluruh dunia dan mendapatkan akses ke berbagai sumber belajar. Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil observasi antara lain: 1) kurangnya fasilitas yang menghambat pembalajaran berbasis teknologi. 2)  kurangnya guru yang paham akan teknologi. 3) kurangnya budaya literasi dikelas, 4) rendahnya pengetahuan anak-anak tentang media digital. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital anak usia dini dengan implementasi pembelajaran bahasa berbantuan Mobile (Web Game). Metode penelitian yang dilakukan adalah PTK yang melibatkan 20 anak diantaranya yang terlibat 11 perempuan dan 9 laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I mencapai rata-rata 43% masih belum memenuhi target kriteria ketuntasan minimal 80%, namun meningkat pada siklus II mencapai rata-rata 86%. Kesimpulannya bahwa impelementasi pembelajaran bahasa berbasis Mobile (Web Game) dapat meningkatkan literasi digital anak usia dini. Pembelajaran bahasa berbasis web game dapat membantu anak usia dini meningkatkan literasi digital dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Hal ini dapat menjadi pembelajaran efektif dengan meningkatkan literasi digital anak usia dini yang dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita, I. S., Yusuf, H., Naimah, N., & Putro, K. Z. (2022). Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697–4704. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2752

Arifin, A. N., Pradana, P. H., & Hasanah, H. (2024). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya Penerapan Metode STEAM Berbasis HOTS Kemampuan Critical Thinking Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan. 11, 17–28.

Huda, M. M., Tricahyo, V. A., & Darma, R. (2024). Analisis Tingkat Literasi Digital Siswa Berbasis Web Game Edukasi Sebagai Bagian Kesiapan Pembelajaran Digital. 2(2), 85–97.

Kartikawati, D. (2023). Pengenalan Literasi Media Digital Untuk Mencegah Dampak Negatif Bermain Game Online di Sekolah Dasar Negeri 09 Jakarta Selatan. Innovative: Journal Of Social …, 3, 4237–4247.

Kinanti, L. S., Octaviani, E. M., & Putri, V. Y. (2024). Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 4 Made Digital Literacy Skills in Learning Explanatory Texts for Students at Elementary School State 4 Made. 4(1), 74–84.

Kurniawati Mahardika, E., Sevi Nurmanita, T., Anam, K., & Aditya Prasetyo, M. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287

Lestariningrum, A., Dwiyanti, L., Prastihastari Wijaya, I., & Dela Selfia, D. (2024). Pra literasi sebagai Implementasi metode bermain untuk anak usia dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 7069–7081.

Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad Nasaruddin, D. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201

Mastoah, I., MS, Z., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6316

Meyanti, I. G. A. S., & Lasmawan, I. W. (2023). Tuntutan Digital Literasi pada Kurikulum Pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i2.62514

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurhaliza, E., Irawan, N. A., & ... (2024). STRATEGI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM MENDORONG LITERASI DIGITAL UNTUK SDGs 2030 MELALUI GAME EDUKASI KREATIF. MERDEKA: Jurnal Ilmiah …, 1(4), 296–302.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i2.526

Pujiarto, P., Aulia, R., Afrianti, N., Canna, N., Nurhasanah, N., Ismawati, I., Catur Wulansari, E., & Maimunah, M. (2024). Inovasi Penggunaan Canva Edu dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini pada Guru PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 36–40. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.349

Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224–234.

Qonitattsani, Z. F. (2024). Web-based Educational Game Application to Improve the Ability to Identifying the Main Idea in Indonesian Language Learning. 8(2), 207–217.

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Saputra, W. A., & Fatkhurohman, I. (2023). INOVASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN. 3(3), 14–20.

Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776.

Sigit Purnama, D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.

Siti Aliyah, E. N. (2023). Pengembangan Literasi Digital Anak Usia Dini Dalam Aspek Bahasa Melalui Media Video Animasi Di Kelompok Bermain Asy-Syuaro Kecamatan Pasirwangi Tingkat Usia 5-6 Tahun. Jurnal Anaking Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 02; N(1), 1–9.

Stevani, A. M., Nugraheni, N., Semarang, U. N., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals ( SDGs ) 2030 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(4), 216–222.

Yahya. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112.

Yunus Anis, Y., Bayu Mukti, A., & Mulyani, S. (2023). Perancangan Game Sederhana Perancangan Game Sederhana Menggunakan Scratch Programming Sebagai Media Pembelajaran Visual Bagi Anak Usia Dini. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(3), 320–327. https://doi.org/10.47065/bit.v4i3.769

Zaenul Ibad, A. (2022). The Effect of Games on Children’s Psychological Development. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(3), 1331–1342.

Downloads

Published

2025-03-14