TEKNOLOGI ASISTIF PERANCANGAN PROGRAM PENDIDIKAN INDIVIDUAL SISWA KEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Authors

  • Triana Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alivia Ata Dinarzah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fathimah Yusufi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Raditya Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ridwan Nadhif Kurnia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22416

Keywords:

Assistive Technology, IEP, Inclusive Education

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan kebijakan yang mendukung siswa dengan kebutuhan khusus agar memperoleh kesempatan untuk belajar di lingkungan yang sama dengan siswa pada umumnya tanpa didiskriminasikan. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusi yakni penyusunan program pendidikan individual (PPI) untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan, kesiapan, potensi, dan karakteristik siswa. Namun berdasarkan hasil observasi dan studi literatur, proses ini nyatanya belum banyak dipahami oleh guru dalam praktek keseharian mengajar di sekolah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis keterampilan guru dalam penyusunan PPI serta mengembangkan  teknologi asistif perancangan PPI di sekolah inklusi. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan model Educational design research, dengan mitra penelitian SD Labschool UPI Cibiru. Dimana pengembangan aplikasi berfokus pada aspek analisis, perencanaan, produksi, serta evaluasi. Temuan penelitian ini mencakup gambaran kualitatif keterampilan guru dalam menyusun PPI serta pengembangan sistem otomatisasi ATP, Aktivitas Pembelajaran, serta rekomendasi evaluasi dalam perancangan PPI siswa dengan kebutuhan khusus di sekolah inklusi. Dengan luaran penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran siswa berkebutuhan khusus serta memastikan kesetaraan layanan pendidikan yang inklusif bagi seluruh siswa tanpa kecuali. Kata Kunci: Teknologi asistif, PPI Pendidikan Inklusif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Solahudin, M. N. (2021). Landasan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Multiperspektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia. Yayasan Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Multiliterasi.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Lidinillah, D. A. M. (n.d.). Educational Design Research: A Theoretical Framework for Action.

Nasional, K. P. (2009). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa.

Omoro, M. O., & Possi, M. A. K. (2023). The Relationship between Self-Reported Efficacy and Actual Use of Inclusive Practices among In-Service Teachers in Inclusive Primary Schools. Educational Research: Theory and Practice, 34(1), 110–128.

Ozokcu, O. (2018). Investigating Preschool Teachers’ Self-Efficacy in Inclusion Practices in Turkey. International Education Studies, 11(9), 79. https://doi.org/10.5539/ies.v11n9p79

Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Schipper, T., Goei, S. L., De Vries, S., & Van Veen, K. (2018). Developing teachers’ self-efficacy and adaptive teaching behaviour through lesson study. International Journal of Educational Research, 88, 109–120. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2018.01.011

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 145–148. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776

Sharma, U., & Nuttal, A. (2016). The Impact of Training on Pre-Service Teacher Attitudes, Concerns, and Efficacy towards Inclusion. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 44(2), 142–155. https://doi.org/10.1080/1359866X.2015.1081672

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal analisa konten dan analisa tematik dalam penelitian kualitatif. In Forum Ilmiah (Vol. 19, No. 1, pp. 77-84).

Soon, V. K. L. (2024). A Study of Attitudes, Skills, and Barriers Among the Special Education Hearing Impairment Teachers in the Use of Assistive Technology in Teaching. 35(1).

Strunk, K., Hinkle, A. R., & Thurlow, M. L. (2022). Supporting IEP Team Decisions. Journal of Special Education Leadership, 35(2), 73–85.

Downloads

Published

2025-03-21

Most read articles by the same author(s)