PENDIDIKAN UNTUK SEMUA: PRAKTIK INKLUSI DAN PERAN GURU DALAM MENGAJAR SISWA DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Aliyah Hasna Zahirah PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Daz Adreamsky Maharani PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nadilla PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulfadewina PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22187

Keywords:

Inclusive education, special needs, teacher strategies, school management, equality in education

Abstract

This study aims to analyze the implementation of inclusive education in elementary schools, with a focus on identifying children with special needs and understanding the role of teachers in overcoming challenges. Using a qualitative descriptive method with a case study approach, data were collected through in-depth interviews with teachers and school principals, classroom observations, and policy document analysis. The findings reveal the diverse types of children with special needs, including Intellectual Disabilities, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Slow Learners, and Specific Learning Difficulties, and the strategies employed by teachers to address their unique needs. The study highlights the importance of teacher training, adequate facilities, and school management policies in supporting inclusive education. In conclusion, inclusive education requires a collaborative effort among teachers, parents, and school management to create an environment that accommodates the needs of all students, particularly those with special needs, to ensure equal learning opportunities. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan inklusif di sekolah dasar, dengan fokus pada identifikasi anak berkebutuhan khusus dan pemahaman peran guru dalam mengatasi tantangan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, observasi kelas, serta analisis dokumen kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan beragam jenis anak berkebutuhan khusus, termasuk Tunagrahita, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Slow Learners, dan Hambatan Kesulitan Belajar Spesifik, serta strategi yang diterapkan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan guru, fasilitas yang memadai, dan kebijakan manajemen sekolah dalam mendukung pendidikan inklusif. Kesimpulannya, pendidikan inklusif memerlukan kerja sama antara guru, orang tua, dan manajemen sekolah untuk menciptakan lingkungan yang dapat mengakomodasi kebutuhan semua siswa, terutama mereka yang berkebutuhan khusus, guna memastikan kesempatan belajar yang setara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endu, ElisantiNia, Nasarius Sensius Bate, Maria Patrisia Wau, and Dek Ngurah Laba Laksana. 2023. “Implementasi Prinsip Layanan Pendidikan Abk Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Sekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti 1(1):88–98. doi: 10.38048/jpicb.v1i1.2120.

Fernandes, Reno. 2018. “Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif.” Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 4(2):119. doi: 10.24036/scs.v4i2.16.

Firdausyi, Muhammad Fajar. 2024. “Educatus: Jurnal Pendidikan MUTU PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA.” 2(2):9–15.

Jannah, Alfia Miftakhul, Asih Setiyowati, Khusna Haibati Lathif, Nina Deliana Devi, and Fandi Akhmad. 2021. “Model Layanan Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Anwarul 1(1):121–36. doi: 10.58578/anwarul.v1i1.51.

Nabila, Almira, Meylani Yogi Kartika, Wulanda Prameswari, and Dea mustika. 2024. “Strategi Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Dalam Pendidikan Inklusi.” Catha : Journal of Creative and Innovative Research 1(3):3046–8760.

Sembung, Misyela Prisilia, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, and Harol Reflie Lumapow. 2023. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” Cakrawala Repositori IMWI 6(4):613–21. doi: 10.52851/cakrawala.v6i4.384.

Sholikhah, Khotimatus. 2023. “Pola Pengasuhan ABK Serta Implementasi Pendidikan Inklusi Jenjang Pendidikan Dasar.” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 6(1):9–22.

Sudarto, Zaini. 2017. “Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 1(1):97. doi: 10.26740/jp.v1n1.p97-106.

Taufan, Johandri, and Fachri Mazhud. 2016. “Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi.” Jurnal Penelitian Pendidikan 14(1). doi: 10.17509/jpp.v14i1.3213.

Utami, Linda Tri. 2022. “Keberadaan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Saat Ini.” Jurnal Exponential 3(2):374–80.

Wardah, Erika Yunia. 2019. “Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang.” JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 2(2):93. doi: 10.26740/inklusi.v2n2.p93-108.

Downloads

Published

2025-03-30