PERSEPSI PENDIDIK TERHADAP ABK JENIS ADHD DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN CIJANTUNG

Authors

  • Rara Dini Alianti Universitas Muhammadiyah Pro. Dr. Hamka
  • Vira Febrianty PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulfadewina PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21928

Keywords:

Special needs, ADHD, Learning Process

Abstract

Penelitian ini berjudul "Persepsi Pendidik Terhadap ABK Jenis ADHD dalam Proses Pembelajaran di SDN Cijantung" bertujuan untuk memahami bagaimana pendidik memandang dan menangani peserta didik dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di lingkungan sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan pendidik di salah satu sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik tidak menghadapi tantangan signifikan dalam proses pembelajaran dengan adanya peserta didik ADHD. Mereka melaporkan bahwa peserta didik tersebut dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, asalkan diberikan perhatian dan pendekatan yang sesuai. Penelitian ini menyoroti bahwa meskipun ada tantangan yang mungkin dihadapi oleh peserta didik ADHD, dengan pendekatan yang tepat dari pendidik, proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan inklusif. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Ediyanto. (2021). Landasan dan Konsep Pendidikan Inklusi. Malang: YAYASAN PUSAT PENDIDIKAN ANGSTROM.

Artikel in Press :

Bygrahini Indra Umratun Wakhaj, N. H. (2018). Perilaku ADHD dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Peserta Didik) Di Kelas IV SD Negeri Gejyan. Pendidikan Dasar, 69.

Rosyad, A. (2022). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK ADHD. 10.

Jurnal :

Hiis Karlenata, Z. T. (2024). Pembelajaran Pada Aanak ADHD. Education Journal Of Innovation and Publication, 37-58.

Kartika, R. (2012). TINJAUAN PSIKOLOGIS KESIAPAN GURU DALAM MENANGANI. Educational Psychology Journal, 10.

Mardiansyah. (2024). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus dan Klasifikasinya. Ta’rim : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 7.

Nur Hanifah, N. H. (2024). Analisa Efektvitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADF. Journal on Early Childhood, 434-444.

Ramadhanti, I. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 16.

Rifa Hidayah, N. S. (2021). Persepsi dan Peran Guru terhadap Pembelajaran anak Berkebuthan Khusus. Jurnal Psikologi dan Psikolofi Islam, 330-346.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 12.

Downloads

Published

2024-12-31