PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22122Keywords:
media flipbook, kemampuan menulis, paragraf deskriptif imajinatifAbstract
Secara umum, kesulitan dalam proses pembelajaran adalah guru menggunakan pendekatan ceramah untuk menyampaikan konten pembelajaran. Selain itu, guru membimbing siswa melalui tugas, debat, latihan, dan sesi tanya jawab, serta pendekatan pembelajaran umum lainnya. Media flipbook menyediakan opsi alternatif untuk menilai kemampuan menulis siswa. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap keterampilan menulis di Sekolah Dasar Tanah merah 1 di sumenep. Penelitian ini bersifat kuasi-eksperimental, dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Sampel adalah siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B masing-masing dengan jumlah 18 siswa. Strategi pengumpulan data meliputi tes. Sementara itu, prosedur analisis data menggunakan instrumentasi dan tes analisis data berdasarkan temuan penelitian dengan memanfaatkan IBM SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian, media flipbook berpengaruh nyata terhadap keterampilan menulis siswa di SDN Tanah Merah 1 dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 61,77 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,74.Downloads
References
Aperta, M., & Amini, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Bebasis Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1025–1032.
Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 650–655.
Bunari, B., Setiawan, J., Ma’arif, M. A., Purnamasari, R., Hadisaputra, H., & Sudirman, S. (2024). The Influence of Flipbook Learning Media, Learning Interest, and Learning Motivation on Learning Outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 313–321.
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019). Interactive learning media using kvisoft flipbook maker for mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12075. IOP Publishing.
Hardiansyah, F. (2022). Improve science learning outcomes for elementary school students through the development of flipbook media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 3069–3077.
Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of learning media flipbook digital comic based on local wisdom to increase learning interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122.
Opidianto, M., Reffiane, F., Huda, C., & Ismartiningsih, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran “Buria” Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 136–145.
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274.
Ristanto, R., Rusdi, R., Mahardika, R., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI): A Development in Immune system e-learning media.
Rosmiati, S., Iswara, P. D., & Djuanda, D. (2024). Pengembangan Media Flipbook Audio sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring di Kelas II SD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2909–2920.
Septianto, T., Mahsunah, E., & Murni, A. W. (2022). Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook untuk Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3691–3698.
Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).
Wibowo, M., Gustina, E., Ayu, S. M., & Sofiana, L. (2019). Digital Flipbook Media as a Media for Health Promotion in Youth: Research and Development. International Journal of Educational Research Review, 4, 725–733.
Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314–8330.
Zahra, T. A., Dewi, R. K., Lestari, D. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook” Karakter Anak Bangsa, Indonesia Beradab” untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 615–623.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.