ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA KELAS V SDN ARJASA 1 KANGEAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22043Keywords:
Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Membaca, LitersiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatkan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat literasi siswa kelas V SDN Arjasa 1 Kangean. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi kelas V belum maksimal. Karena masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana serta tidak ada peningkatan yang signifikan terhadap jumlah kunjungan dan peminjam buku di perpustakaan. 2) Minat literasi siswa kelas V dengan memanfaatkan perpustakaan kurang efektif karena lokasi perpustakaan kurang strategis 3) Perpustakaan sekolah di SDN Arjasa 1 Kangean perlu adanya pembaharuan dengan cara meningkatkan fasilitas dan membuat banyak media yang menarik bertujuan untuk memaksimalkan program literasi siswa kelas V dan kegiatan di perpustakaan sekolah sehingga minat dan keterampilan membaca siswa kelas V di SDN Arjasa 1 Kangean dapat meningkat.Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Aini, K., Indraswari, N. F., & Ridwan, M. (2022). Penguatan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Bimbingan Belajar di Rumah Belajar “Rumbel Pena.” Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 207–217.
Andita, S. S. P. (2023). Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial di Era Globalisasi. LIBRIA, 14(2), 122–142.
Bahri, S., & Wahdian, A. (2021). Penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui game edukasi icando di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 23–41.
Berliana, D., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas II di SD Negeri 185 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 115–121.
Cahyani, I., Rahman, S., & Lastaria, L. (2023). Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SDN Bagus 2 Marabahan: The Role of the School Library as a Learning Resource for Students at SDN Bagus 2 Marabahan. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 136–148.
Desy, H. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2).
Gifari, R. G., Badriyah, A. N., Salsabila, A. Z., Jamilah, I. S., Permana, I., Maksipah, L., Fadilah, M. R. R., Maulana, R., Ramdani, S. S. F., & Lestari, T. (2024). Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–102.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015.
Haya, A. F., & Oktrifianty, E. (2023). The Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Membaca dan Keterampilan Membaca Siswa DI SDN Porisgaga 1. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 214–223.
Hidayati, S., Botifar, M., & Khair, U. (2021). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 151.
Kartika, I., & Purwati, R. (2020). upaya pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase, 1(1), 65–83.
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82–92.
Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran siswa terhadap minat baca siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Milawati, I., Suciati, N., & Makhtuna, W. (2022). Analisis Budaya Sekolah dalam Pengembangan Literasi pada Siswa Kelas III di SD Negeri 2 Kandangan Barat. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 209–215.
Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38.
Rochajati, S. (2020). Melahirkan Duta Baca: Strategi Peningkatan Minat Baca untuk Anak SD. CV. Pilar Nusantara.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.
Septiani, R., & Aslam, A. (2022). Efektivitas pemanfaatan Perpustakaan untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6646–6654.
SUGIYONO, M. R. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Cocok untuk 1. Mahasiswa SI, S2, dan S3. 2. Dosen dan peneliti Ed. 3 Cet. 3 Thn. 2020.
Syaifullah, M. F. (2024). PENGOLAHAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SD NEGERI 04 GUMAY TALANG. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 3(01), 1–11.
Tanjung, F. (2023). Pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SDN 0204 Pembangunan Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Wiyanti, H. (2023). Pengembangan sarana pojok baca untuk meningkatkan minat baca dan literasi siswa sdn sisir 04 batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2130–2151.
Wulandari, M. D. (2021). Pengelolaan pembelajaran berorientasi literasi numerasi di Sekolah Dasar dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 116–131.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.