EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDK MARIA FERRARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22075Keywords:
Make a Match Model, Beginner Reading Skills, Syllable Card MediaAbstract
ABSTRACT This study aims to measure the effectiveness of the Make a Match learning model with syllable card media in improving the reading skills of class IA students of SDK Maria Ferrari. This type of research is quantitative with a quasi-experimental design. This research was conducted at SDK Maria Ferrari by taking one class as a research sample, namely class IA, which consisted of 26 students. Samples were taken using a non-probability sampling technique of saturated sampling type. The data collection technique is carried out through tests and observations, with initial reading test instruments and observation sheets of students' initial reading ability. The results of data analysis with individual completeness tests produced t_hitung = 3.27 greater than t_tabel = 1.711 at a significant level of 5% so that the hypothesis H_a accepted. The classical completeness test showed a value of Z_hitung = 2.04 with a significant result of α = 0.05. The distribution table z is obtained Z_tabel = 1.96 because Z_hitung > Z_tabel can then. Keywords: Make a Match Model, Beginner Reading Skills, Syllable Card Media. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Make a Match dengan media kartu suku kata dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IA SDK Maria Ferrari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimen. Penelitian ini dilakukan di SDK Maria Ferrari dengan mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IA, yang terdiri dari 26 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, dengan instrumen tes membaca permulaan dan lembar observasi kemampuan membaca permulaan siswa. Hasil analisis data dengan uji ketuntasan individu menghasilkan = 3,27 lebih besar dari = 1,711 pada taraf signifikan 5% sehingga hipotesis diterima. Uji ketuntasan klasikal menunjukan nilai = 2,04 dengan menunjukkan hasil taraf signifikan = 0,05. Tabel distibusi z diperoleh = 1,96 karena > maka dapat katakan bahwa ditolak dan diterima. Dengan demikian disimpulkan model Make a Match dengan media kartu suku kata efektif meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas IA SDK Maria Ferrari. Kata Kunci: Model Make a Match, Keterampilan Membaca permulaan, Media kartu suku kataDownloads
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Y. T., Ardyaputri, S. R., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2022). Penerapan metode suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa SD Sunan Giri Ngebruk. Jurnal Education FKIP UNMA, 8(3), 780-785.
Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa selama pandami covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379-386.
Pramudhita, K. Y,. Nuvitalia, D., Purba, P., & Huda, C. (2024). Menumbuhkan Literasi Melalui Media Kartu Suku Kata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN Pedurungan Lor o2. Didaktif: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 393-405.
Primasari. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Bermain Kartu Gambar dan Kartu Suku Kata. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan P embelajaran, 1(2), 109.
Siregar, R. T., Audina, F., Sari, Y., Serungke, M., & Wety, E. (2024). Pengaruh Metode Fonik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Tingkat Dasar pada Mata Pelajaran Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 697-705.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabet Bandung.
Sukma, H. H., Puspita, L. A., & auliya, H. (2023). Keterampilan Membaca Dan Menulis (Teori Dan Praktik). Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Taufan, J,. Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149-1159.
Utami, N. P. M. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpengaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48-60.
Widayawati, M., & Sudiyana, B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Kompetensi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Pedas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2465-2474.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.