IMPLEMENTASI LANDASAN YURIDIS DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI CIPICUNG 1
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21823Keywords:
Juridical foundation, education management, primary schoolAbstract
Penelitian ini menganalisis implementasi landasan yuridis dalam pengelolaan pendidikan di sekolah dasar di Indonesia, berfokus pada peraturan seperti UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen di beberapa sekolah dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun regulasi telah tersedia, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan, termasuk kurangnya pemahaman kebijakan dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi tenaga pendidik serta penguatan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan pengelolaan pendidikan yang efektif dan sesuai aturan.Downloads
References
Ali Muhson. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Curricula. Volume 2, Nomor 1, Agustus 2004. https://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/curricula/article/download/1472/pdf.
Aprilia. 2017. Bab II Kajian Teori. http://repository.ump.ac.id/4209/3/IMELDA%20APRILIA%20-
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Reflika Aditama.
Kusgiant, MHD. 2016. Bab II Kajian Teoretis.http://repository.unpas.ac.id/13318/4/BAB%20II%20acc.pdf.
Mukaromah, U. 2016. Bab II Konsep Guru. http://eprints.walisongo.ac.id/6102/3/BAB%20II.pdf.
Muryaningsih, Sri & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan RPP Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Sekolah Dasar. Researchgate. Volume 3 – Nomor 2, Juli 2015, (190 - 201). https://www.researchgate.net/profile/Ali_Mustadi/publication/307776591_ .
Mustadi, Ali, dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Nilantim, Anugraheni. 2019. Implementasi Landasan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Tegalpanggung. http://nilantimanugraheni.blogs.uny.ac.id/2019/01/04/implementasi-landasan-pendidikan-sekolah- dasar-di-sd-negeri-tegalpanggung/.
Setyawan, Wawan Wahyu & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif Untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas I SD. JPE. Volume 3 - Nomor 1, 2015. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4072.
Sukmadinata, N. S. (2009). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thaufan, Abiyuna R. 2017. Bab II Landasan Teoritis. http://repository.upi.edu/33614/5/T_PKN_1502415_Chapter2.pdf.
Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudin, Dinn, dkk. 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yanuarita, Widi Astuti & Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. JPE. Volume 2 - Nomor 2, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.