STANDARISASI PROGRAM ANTI-BULLYING PENCEGAHAN BULLYING PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Wahyu aAi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21821

Keywords:

bullying prevention, elementary school student, standardization of anti bullying programs

Abstract

The study aims to develop and standardize anti-bullying programs at the elementary school level as an effort to prevent bullying incidents among students where bullying is a serious problem that can affect the physical and mental well-being of students, so it is important to create a safe and supportive educational environment and is designed to increase students' awareness of bullying behavior and impacts, and also build empathy among them. Integration of interactive methods such as musicalization and simulations to make the material more interesting and easy to understand by students and it is hoped that standardized anti-bullying programs can be applied in various other elementary schools, so that they can create a positive culture that supports the social and emotional development of students and reduce bullying incidents significantly, recommending to involve all stakeholders, including parents and communities, in efforts to prevent bullying in the educational environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhany, G. C., & Suroso S. (2024). Pelatihan Anti Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Diakses dari https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/254

Fajarwati, N. K., Sotyaningtyas, D., Jumaiah, A., Patimah, P., Nurhawiyah, S., Triskomawalat, L., …Susilawati, S. (2024). Penyuluhan Anti-Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Margaluyu dengan Metode Musikalisasi. Diakses dari https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Karunia/article/view/2570

Erawati, E., Sunarmi, S., Ridwan, M., Sarwono, B., Hastuti, T. P., Talib, S. T. R., … Kriswoyo, P. G. (2024). Program Anti Bullying Berbasis Sekolah di Desa Siaga Sehat Jiwa. Diakses dari https://ejournal.unimugo.ac.id/EMPATI/article/view/1319

Puspitarini, Y., Wuryandini, E., & Rasiman. (2024). Implementasi Program Anti Bullying padaSekolah Ramah Anak di SMAN 1 Brebes Kabupaten Brebes. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/57f5799bdc552cdf3b1804e5a31aa011cdbb3369

Ariyanta, D., YSH, A. S., & Maryanto. (2024). Implementasi Program Anti Bullying dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Diakses dari https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/257/213

Rohimin, S. H. N., Pahlevi, M. S., & Andyan, A. (2024). Implementasi Program Anti Bullying Di Lingkungan Sekolah SMKMuhamamdiyah 6 Gemolong. Diakses dari https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/view/2125

Jumainah, Wibowo, D. E., & Adrian, Y. (2024). Implementasi Karakter Cinta Damai Melalui Program Anti Bullying Siswa Kelas VDI SDIT Usluhuddin. Diakses dari https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/4930/3062

Isnayanti, A. N., Al Kamil, M. N., AR, M., & Mas’adi, M. (2024). Edukasi Anti-Bullying di Sekolah Dasar: Membangun Budaya Positif di Kalangan Siswa. Diakses dari https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/1203

S, M. W. E., Nurmalasari, N., Irmayanti, L., Insan, N., Syam, N., Mansur, N. A., … Halim, N. H. (2024). Program Edukasi Gerakan Stop Anti Bullying dalam Syariah Islam dan Toleransi Antar Pelajar (Gasing Star). Diakses dari https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/975

Rahayuningsih, T. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Jono dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya. Diakses dari https://jurnalgurusd.com/index.php/jgsd/article/view/42

Widyaningtyas, R., & Mustofa, R. H. (2023). Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta. Diakses dari https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/5489/3364

Sukardiono, S., & Dadan, R. (2016). Pengembangan Integrated Science Instruction Assessment Sebagai Alternatif Untuk Mengkur Pencapaian Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Dari Aspek Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Pada Kurikulum 2OI3. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PENGEMBANGANINTEGRATEDSCIENCEINSTRUCTIONASSESSMENTSEBAGAIALTERIIATIFUNTUKMENGUKURPENCAPAIANKOMPETENSIINTIDANKOMPETENSIDASARDARIASPEKKOGNITIFDAN-Sukardiyono-Dadan/5e4dd82405cf1ead1f5b7923bba736fb88c9da56

Supahar, S., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4560

Nisa, A. T. (2015). Panduan Bimbingan Interaksi Sosial Berbasis Kecerdasan Interpesonal Untuk Peserta Didik SMP (Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015). Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PANDUAN-BIMBINGAN-INTERAKSI-SOSIALBERBASIS-PESERTA-Nisa/b2cc3ef7438d39d3cbfb926c4715d3772c14a756

Qodri, S. (2015). Keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan kelas peserta didik kelas viii smp (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Keefektifan-teknik-role-playing-untuk-meningkatkan-Qodri/29071ebad7347bdfe0a9c9f2525e1cea09567177

Nurdiyaningsih, S. (2015). Pendekatan Konseling Kelompok Analisis Transaksional untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jumapolo Tahun Pelajaran 2015/2016. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pendekatan-Konseling-Kelompok-Analisis-untuk-Didik-Nurdiyaningsih/3778dd13636d268b957624b7815355229fb819db

Gunawan, A. (2015). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Serta Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling : Penelitian Kuantitatif Studi Korelasional terhadap Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/HUBUNGAN-KONSEP-DIRI-DENGAN-PRESTASI-AKADEMIK-DIDIK-Gunawan/3e2aa5f3173a80da99b299897ea44dda161c6bd3

Yanawati, R. (2015). Profil Konsep Diri Peserta Didik Berprestasi Akademik Berdasarkan Gender : Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PROFIL-KONSEP-DIRI-PESERTA-DIDIK-BERPRESTASI-GENDER-Yanawati/1c91517b19a7dd50915e478dc8b83b1ff3700e16

Sari, L. F. (2015). Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Aliyah. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-Modul-Fisika-Terintegrasi-Nilai-untuk-Sari/23485fc5469e247bcf93927e9707b62e5446b3d6

Abdollah, A. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri 1 Pallangga. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-Instrumen-Penilaian-Diri-Peserta-didik-Abdollah/c3e53693e9c6b01bf65e2d2b247a7e9cf71dcdcb

Handayani, Y. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Program Anti Bullying Di SMA Negeri 1 Kendal. Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1087

Rosalina, R., Rizkina, A. T., Dharmastuti, A., & Amin, A. (2024). Pendekatan Kualitatif: Implementasi Program Buddy di Sekolah Anti-Bullying Indonesia. Diakses dari https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/5523

Hakim, L., Winata, E. Y., Insan, I., Atmasari, A., & Erliana, Y. D. (2024). Seminar Edukasi Program Anti Perundungan (Anti-Bullying) pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses dari https://jurnal.uts.ac.id/index.php/abdimawa/article/view/4046/1938

Edison, Kurniawan, U. T., Samsaifil, Rosmawati T, & Elisya A.S, W. O. S. (2022). Program Anti Bullying Untuk Meningkatkan Keterampilan Berprilaku Positif Remaja Desa Lampanairi, Kabupaten Buton Selatan. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/reader/f13503a17e356093ac880bbc48d2ddde9eb7ef24

Wahyuni, A. P., Nurasiah, I., & Uswatun, D. A. (2024). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/8810

Siswanti, Y., & Saputra, M. (2023). Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah Dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/1656

Utami, Z. K. W., Rizkika, S. F., Nissa, R. K., Arifulloh, M. F., & Fuqoha. (2024). Penyuluhan Anti Bullying pada Siswa Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah melalui Pendidikan Karakter. Retrieved from https://ejournal.unsera.ac.id/index.php/senama/article/view/59

Downloads

Published

2025-01-03