STANDARISASI PROGRAM ANTI-BULLYING PENCEGAHAN BULLYING PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21821Keywords:
bullying prevention, elementary school student, standardization of anti bullying programsAbstract
The study aims to develop and standardize anti-bullying programs at the elementary school level as an effort to prevent bullying incidents among students where bullying is a serious problem that can affect the physical and mental well-being of students, so it is important to create a safe and supportive educational environment and is designed to increase students' awareness of bullying behavior and impacts, and also build empathy among them. Integration of interactive methods such as musicalization and simulations to make the material more interesting and easy to understand by students and it is hoped that standardized anti-bullying programs can be applied in various other elementary schools, so that they can create a positive culture that supports the social and emotional development of students and reduce bullying incidents significantly, recommending to involve all stakeholders, including parents and communities, in efforts to prevent bullying in the educational environment.Downloads
References
Ardhany, G. C., & Suroso S. (2024). Pelatihan Anti Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Diakses dari https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/254
Fajarwati, N. K., Sotyaningtyas, D., Jumaiah, A., Patimah, P., Nurhawiyah, S., Triskomawalat, L., …Susilawati, S. (2024). Penyuluhan Anti-Bullying pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Margaluyu dengan Metode Musikalisasi. Diakses dari https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Karunia/article/view/2570
Erawati, E., Sunarmi, S., Ridwan, M., Sarwono, B., Hastuti, T. P., Talib, S. T. R., … Kriswoyo, P. G. (2024). Program Anti Bullying Berbasis Sekolah di Desa Siaga Sehat Jiwa. Diakses dari https://ejournal.unimugo.ac.id/EMPATI/article/view/1319
Puspitarini, Y., Wuryandini, E., & Rasiman. (2024). Implementasi Program Anti Bullying padaSekolah Ramah Anak di SMAN 1 Brebes Kabupaten Brebes. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/57f5799bdc552cdf3b1804e5a31aa011cdbb3369
Ariyanta, D., YSH, A. S., & Maryanto. (2024). Implementasi Program Anti Bullying dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Diakses dari https://ejournal.pgrikotasemarang.org/index.php/jips/article/view/257/213
Rohimin, S. H. N., Pahlevi, M. S., & Andyan, A. (2024). Implementasi Program Anti Bullying Di Lingkungan Sekolah SMKMuhamamdiyah 6 Gemolong. Diakses dari https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Dewantara/article/view/2125
Jumainah, Wibowo, D. E., & Adrian, Y. (2024). Implementasi Karakter Cinta Damai Melalui Program Anti Bullying Siswa Kelas VDI SDIT Usluhuddin. Diakses dari https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/4930/3062
Isnayanti, A. N., Al Kamil, M. N., AR, M., & Mas’adi, M. (2024). Edukasi Anti-Bullying di Sekolah Dasar: Membangun Budaya Positif di Kalangan Siswa. Diakses dari https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/1203
S, M. W. E., Nurmalasari, N., Irmayanti, L., Insan, N., Syam, N., Mansur, N. A., … Halim, N. H. (2024). Program Edukasi Gerakan Stop Anti Bullying dalam Syariah Islam dan Toleransi Antar Pelajar (Gasing Star). Diakses dari https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/975
Rahayuningsih, T. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Jono dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya. Diakses dari https://jurnalgurusd.com/index.php/jgsd/article/view/42
Widyaningtyas, R., & Mustofa, R. H. (2023). Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta. Diakses dari https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/5489/3364
Sukardiono, S., & Dadan, R. (2016). Pengembangan Integrated Science Instruction Assessment Sebagai Alternatif Untuk Mengkur Pencapaian Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Dari Aspek Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Pada Kurikulum 2OI3. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PENGEMBANGANINTEGRATEDSCIENCEINSTRUCTIONASSESSMENTSEBAGAIALTERIIATIFUNTUKMENGUKURPENCAPAIANKOMPETENSIINTIDANKOMPETENSIDASARDARIASPEKKOGNITIFDAN-Sukardiyono-Dadan/5e4dd82405cf1ead1f5b7923bba736fb88c9da56
Supahar, S., & Prasetyo, Z. K. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/4560
Nisa, A. T. (2015). Panduan Bimbingan Interaksi Sosial Berbasis Kecerdasan Interpesonal Untuk Peserta Didik SMP (Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015). Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PANDUAN-BIMBINGAN-INTERAKSI-SOSIALBERBASIS-PESERTA-Nisa/b2cc3ef7438d39d3cbfb926c4715d3772c14a756
Qodri, S. (2015). Keefektifan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan kelas peserta didik kelas viii smp (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Keefektifan-teknik-role-playing-untuk-meningkatkan-Qodri/29071ebad7347bdfe0a9c9f2525e1cea09567177
Nurdiyaningsih, S. (2015). Pendekatan Konseling Kelompok Analisis Transaksional untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jumapolo Tahun Pelajaran 2015/2016. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pendekatan-Konseling-Kelompok-Analisis-untuk-Didik-Nurdiyaningsih/3778dd13636d268b957624b7815355229fb819db
Gunawan, A. (2015). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Serta Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling : Penelitian Kuantitatif Studi Korelasional terhadap Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/HUBUNGAN-KONSEP-DIRI-DENGAN-PRESTASI-AKADEMIK-DIDIK-Gunawan/3e2aa5f3173a80da99b299897ea44dda161c6bd3
Yanawati, R. (2015). Profil Konsep Diri Peserta Didik Berprestasi Akademik Berdasarkan Gender : Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/PROFIL-KONSEP-DIRI-PESERTA-DIDIK-BERPRESTASI-GENDER-Yanawati/1c91517b19a7dd50915e478dc8b83b1ff3700e16
Sari, L. F. (2015). Pengembangan Modul Fisika Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Aliyah. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-Modul-Fisika-Terintegrasi-Nilai-untuk-Sari/23485fc5469e247bcf93927e9707b62e5446b3d6
Abdollah, A. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika SMK Negeri 1 Pallangga. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Pengembangan-Instrumen-Penilaian-Diri-Peserta-didik-Abdollah/c3e53693e9c6b01bf65e2d2b247a7e9cf71dcdcb
Handayani, Y. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Program Anti Bullying Di SMA Negeri 1 Kendal. Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1087
Rosalina, R., Rizkina, A. T., Dharmastuti, A., & Amin, A. (2024). Pendekatan Kualitatif: Implementasi Program Buddy di Sekolah Anti-Bullying Indonesia. Diakses dari https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/5523
Hakim, L., Winata, E. Y., Insan, I., Atmasari, A., & Erliana, Y. D. (2024). Seminar Edukasi Program Anti Perundungan (Anti-Bullying) pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses dari https://jurnal.uts.ac.id/index.php/abdimawa/article/view/4046/1938
Edison, Kurniawan, U. T., Samsaifil, Rosmawati T, & Elisya A.S, W. O. S. (2022). Program Anti Bullying Untuk Meningkatkan Keterampilan Berprilaku Positif Remaja Desa Lampanairi, Kabupaten Buton Selatan. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/reader/f13503a17e356093ac880bbc48d2ddde9eb7ef24
Wahyuni, A. P., Nurasiah, I., & Uswatun, D. A. (2024). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/8810
Siswanti, Y., & Saputra, M. (2023). Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah Dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/1656
Utami, Z. K. W., Rizkika, S. F., Nissa, R. K., Arifulloh, M. F., & Fuqoha. (2024). Penyuluhan Anti Bullying pada Siswa Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah melalui Pendidikan Karakter. Retrieved from https://ejournal.unsera.ac.id/index.php/senama/article/view/59
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.