INTEGRASI PEMBELAJARAN CODING DAN KECERDASAN BUATAN DI SEKOLAH DASAR: TANTANGAN DAN PELUANG

Authors

  • Awaluddin Awaluddin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21753

Keywords:

kecerdasan buatan, pembelajaran coding, sekolah dasar

Abstract

Perkembangan teknologi di era revolusi industri - 4.0 hingga society - 5.0 menuntut adanya adaptasi dalam pendidikan, termasuk penguasaan coding dan kecerdasan buatan (AI) sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang integrasi pembelajaran coding dan AI di sekolah dasar, yang direncanakan masuk kurikulum Indonesia pada tahun ajaran 2025/2026. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan observasi sistematis terhadap jurnal, buku, dan dokumen kebijakan terkait. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran coding dan AI dapat meningkatkan kreativitas, berpikir komputasional, dan literasi teknologi siswa. Namun, terdapat hambatan yang signifikan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya sumber daya manusia untuk diawasi, resistensi terhadap perubahan, serta kesenjangan digital di wilayah terpencil. Meski demikian, integrasi ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui personalisasi pembelajaran berbasis teknologi dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang ini secara optimal. Kontribusi penelitian ini terletak pada penyediaan rekomendasi bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam merumuskan implementasi strategi yang efektif dan merata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

adminsakti. 2024. “Coding Dan AI Masuk Kurikulum Sekolah?” Sakti.Ac.Id. Retrieved December 30, 2024 (https://sakti.ac.id/coding-dan-ai-masuk-kurikulum-sekolah/).

Alindra, Afridha Laily, Annisa Nafira, Hanie Khaerunnisa, Putri Ayu, Kartika Sari, Yosi Anggia, and Yunia Nurhaliza. 2024. “Studi Kasus Pembelajaran Berbasis Koding Guna Memperkuat Kurikulum Merdeka Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):3171–83.

Grace, Yulianti, benardi, Ngadi Permana, and Fitri Wijayanti. 2023. “Transformasi Pendidikan Indonesia: Menerapkan Potensi Kecerdasan Buatan (AI).” Journal of Information Systems and Management 2(6):102–6.

Handayani, Ni Nyoman Lisna, and Ni Ketut Erna Muliastrini. 2020. “Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar).” Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020 0:1–14.

Hikmawati, Nisrina, Moh. Imam Sufiyanto, and Jamilah. 2023. “Konsep Dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Manajemen Kurikulum SD/MI.” Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar 1(1):1–16.

Indonesia, Kesiapan Pendidikan. 2020. "Edcomtech." 61–66.

Insan, Khoirul, Asrul Huda, Dedy Irfan, and Yeka Hendriyani. 2024. “Study Literature Review Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Personalisasi Pembelajaran Online.” 4(3):1–7.

Junaedi, Jujun. 2024. “Mapel Coding Dan AI Di Sekolah: Siap Atau Tidak, Siap!” Kompasiana.Com. Retrieved December 30, 2024 (https://www.kompasiana.com/jujunjunaedia37689/673c633ded641550a70f0d52/mapel-coding-dan-ai-di-sekolah-siap-atau-tidak-siap).

Leliavia, Leliavia. 2023. “Literature Review: Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Sebagai Inovasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Khatulistiwa Profesional: Jurnal Pengembangan SDM Dan Kebijakan Publik 4(1):1–12. doi: 10.62099/khapro.v4i1.41.

Mahmudah, Fitri Nur, and Eka Cahya Sari Putra. 2021. “Tinjauan Pustaka Sistematis Manajemen Pendidikan: Kerangka Konseptual Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Era 4.0.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 9(1):43–53. doi: 10.21831/jamp.v9i1.33713.

Nurhayati, Nurhayati. 2023. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDEFERENSIASI ( Literature Review ).” Jurnal Normalita 11(3):531–38.

Putri, Irbah Muthmainah Indarti, and Kristina Everentia Ngasu. 2021. “Literature Review : Hubungan Antara Caring Dan Komunikasi Terapeutik Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan.” Jurnal Manajemen Retail Indonesia 2(2):157–64. doi: 10.33050/jmari.v2i2.1660.

Rahayu, Komang Novita Sri. 2021. “Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):87–100.

Ramadhan, Dafa Rizki Purna, Aulia Qisthi Rosyada, Widya Marliza, Dinda Eya Putri Kasatri, and Irma Yuliana. 2020. “Pengaruh Ekstrakulikuler Coding Pada Siswa Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Computational Thingking Di Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Solo.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 2(1):80–86. doi: 10.23917/blbs.v2i1.11616.

Ridwan, Muannif, Suhar AM, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad. 2021. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2(1):42. doi: 10.36339/jmas.v2i1.427.

Risky Ananda Putri. 2024. “Pendidikan Di Wilayah Terpencil: Tantangan Pemerintah Dalam Pemerataan Pendidikan Di Indonesia.” Www.Setneg.Go.Id. Retrieved December 30, 2024 (https://www.setneg.go.id/baca/index/pendidikan_di_wilayah_terpencil_tantangan_pemerintah_dalam_pemerataan_pendidikan_di_indonesia_1).

Saerang, Hetwi Marselina, Jelly Maria Lembong, Shelty Deity Meity Sumual, and Roos Marie Stella Tuerah. 2023. “Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9(1):65–75. doi: 10.19109/elidare.v9i1.16555.

Sari, Pusvyta. 2021. “Manajemen Strategik Pusat Sumber Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0.” ACIEM: Annual Conference on Islamic Education Management 7(9):578–90.

Susanto, Eri. 2023. “Analisis Implementasi Kecerdasan Buatan Dalam Pembelajaran.” Sindoro Cendekia Pendidikan 1(8):101–12.

Syofian, Muhammad, and Novri Gazali. 2021. “Kajian Literatur: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Jasmani.” Journal of Sport Education (JOPE) 3(2):93. doi: 10.31258/jope.3.2.93-102.

Downloads

Published

2025-03-08