PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI SDN SARIREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21732Keywords:
Learning Outcomes, Pancasila Education, PBL, Puzzle MediaAbstract
Mutiara Gita Saputri, S.Pd. 2024. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas VI Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Puzzle di SDN Sarirejo Semarang. PTK, Jurusan PPG PraJabatan, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas PGRI Semarang, Dosen Pengampu: Veryliana Purnamasari, M.Pd., Guru Pamong Ri’ah Nurhayati, M.Pd. Hasil belajar peserta didik kelas VI pada pembelajaran Pendidikan Pancasila yang mencapai KKM hanya sebesar 16 peserta didik. Dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila, guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran dan dominan menggunakan metode konvensional, serta penugasan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peserta didik tidak aktif dan kurang bersemangat atau antusias dalam mengikuti pembelajaran serta mengurangi fokus peserta didik untuk menyerap materi pembelajaran yang dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI sebanyak 28 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media puzzle mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 74,0%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 100% dengan nilai KKM sebesar 75 pada semua siklus. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, PBL, Media Puzzle.Downloads
References
Aisyah, Muhammadi, (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Problem-Based Learning dalam Nuansa Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1): 135-147. http://dx.doi.org/10.24036/e- jipsd.v11i1
Albi Meinisa, Wasitohadi, (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Sekolah Dasar, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2 (1): 27-37.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Baderan, J. K. (2018). Pengembangan Soal High Order Thinking (HOT) melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Pedagogika, 9(2), 152-178.
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Oktariza, N., & Muhammadi, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 216-227.
Rusman. (2014). Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenda Media Grup.
Shobirin, Ma’as. (2018). Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Semarang: Fatawa Publishing.
Sukaptiyah, Sri. (2014). Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114–121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p114-121
Widyanarti, Sri. (2013). Penggunaan Media Puzzle Dalam Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas Va SDN Rangkah I Tambaksari Surabaya, 1(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal- penelitian-pgsd/article/view/1007
Zuhdi, F., Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn di Kelas V SDN 2 Kalijaga. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 44- 54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.