PEMANFAATAN TEKNOLOGI ISNTAGRAM DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN PAI: STRATEGI INOVATIF UNTUK PENGEMBANGAN KURIKULUM

Authors

  • Anisa Nurul Ikhsan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Nursobah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eri Hadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21459

Keywords:

utilization of instagram technology, PAI learning, curriculum development

Abstract

This study aims to determine the Utilization of Instagram Technology in the PAI Learning Program: Innovative Strategies for Curriculum Development. The utilization of learning media technology with Instagram is designed to provide an innovation in PAI learning so that it can adapt to the current developments with the aim of having a major impact on the success of PAI learning in achieving the expected goals and also influencing curriculum development. With the library research method, namely the method of collecting data by understanding and studying theories from various literature or references. Data collection is carried out by searching for sources and constructing information from various sources, such as books, journals, and existing research. So that the journal on the utilization of Instagram technology in the PAI learning program: innovative strategies in curriculum development can be compiled.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hmazah B. Uno & Nina Lamatenggo, (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc. v1i1.7764.

RAMADHAN, F. (2018). “Fenomena Media Internet, Media Sosial, Dan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.”مجلة اسيوط للدراسات البيئة ,2(2 ,)2016

Pratiwi, D. A., & Riandy Agusta, A. (2020). Instagram Sebagai Media Pembelajaran Microlearning Di Era Masyarakat 5.0. Seminar Nasional KolaborasiPGSD, Magister Manajemen Pendidikan, PG PAUD, Dan Magister PG PAUD Universitas Lambung Mangkura, 269–278.

Isnaeny Faiziah Arifin, Fera Ratyaningrum. Pengembangan Media Berkarya untuk Meningkatkan Prestasi Seni Lukis Kelas IX-A SMP Negeri 22 Surabaya. Jurnal: Jurnal Global IlmiahVol. 2, No. 1,Oktober 2024

Aida, Laili Nur dkk, “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual”, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 7 No. 1 (2020)

Bexheti, Lejla A, Burim E, “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU” Proceeding of the International Conference on Circuits, System, Signal Processing, Communications and Computer, (2014)

https://www.statista.com/statistics/578364/countries-with-most-instagramusers/ diakses 01 Juni 2021

Dariyadi, Wahib dan Fauzan, “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Virtual Classroom”ISoLEC Proceedings (September, 2019)

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gafa Media, 2010

Dewi, Kusuma Tuisda dan Alfyananda “Implementasi google classroom, google meet dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21” Jurnal Integrasi dan harmoni inovatif Vol. No. 5 (2021)

Dimiyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Dwi, Atmoko, Instagram Handbook, Jakarta: Media Kita, 2012

Labib, Umar Abdul, “Pengembangan Aplikasi berbasis Andoroid yang terintegrasi dengan Website sebagai Media Pembelajaran Biologi” Jurnal Bioterdidik Vol. 7 No. 5 (2019)

M.Miftah, “Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa”, Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 1 No. 2 (2013)

Mantra, Widiastuti dan Pramawati, “Peningkatan Kompetensi Mengajar Secara Online Bagi Para Guru Selama Masa Pandemi Virus Corona ”, Jurnal Abdi Dharma masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020)

Martin, Florence, “use of Synchronous Virtual Classroom: Why, Who, and How ”,MERLOT: Journal of Online Learning and Teaching Vol. 10 No. 2 (2014)

Motteram, “The Role of Synchronous Communication in fully Distance Education” Journal of Education Technology Vol. 17 No. 2 (2001)

Muhson, Ali, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VIII No. 2 (2010)

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran; sebuah Pendekatan, Jakarta: Referensi GP Press Group, 2013

Munawarah, Ismiatun, “Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh” Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (Oktober, 2005)

digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id

Nashihin, Husna, “Pemanfaatan Facebook sebagai Media Pembelajaran PAI pada Masa Covid-19” At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (Juni, 2020)

Novantara dan Muhammad, “Implementasi E-Learning berbasis Virtual Classroom dengan Menggunakan Metode Synchronous Learning” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol. 4 No. 1 (2018)

Olivia, Sonya, Belajar dengan Instagram: Why Not?

https://lpmpjambi.id/2021/03/31/belajar-dengan-instagram-why-not/3/

diakses 25 Mei 2012

Pujianto, “Integrasi E-Learning dengan Media Sosial menggunakan Single Sign On System”, Jurnal Informatika Vol. 13 No. 1 (Juni, 2013)

Rahman, Arif, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Jakarta: Kencana, 2012

Rahmania, Sakina, dan Bagus, “Instagram: From Media Sharing Network to Learning Resource”, Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 5 No. 1 (April, 2020)

Ramli, Muhammad, Media dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2012

Sesriyani, Lodya, dan Nur Najibah, “Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Program Studi Pendidikan Ekonomi”, Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis Vol. 5 No. 1 (Juli, 2019)

Sohibun dan Filza Yulina Ade, “Pengembangan Media Pembelajarn Berbasis Virtual Class berbantuan Google Drive” Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol. 2 No. 2 (2017)

Sohibun, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive”, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol. 2, No. 2 (2017)

Veygid, Ahmad dan Sandy M, Wildan Said, “Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online”, Alveoli Vol. 1 No. 1 (Januari-Juni 2020)

Wahyono, Budi https://databooks.com Orang Indonesia Menghabiskan Hampir 8 jam untuk berinternet, diakses 01 Juni 2021.

Wahyu D.A, “Perilaku Pengaksesan Internet dalam Kegiatan Akademik di Kalangan Siswa SD”, Jurnal ilmu Informasi dan Perpustakaan Vol. 3 No. 1 (2011)

Wahyudi, Zaki Ahmad, Srituta dan Nonot Hartono Aplikasi Darwin Streaming Server untuk Membangun Virtual Class dengan Fitur Ajax Chating dan Ujian Online, http://dhoto.lecturer.pens.ac.id/publications/conference/2007/4- SNOSS2007-virtualclass-jakarta/Aplikasi-Darwin-Streaming-Server.pdf

diakses pada tanggal 29 mei 2021.

Widiastuti, Dinda Ayu, Instagram versi Desktop bisa Upload Foto dan Video, https://www.tek.id/tag/instagram diakses 01 Juni 2021.

Wirani, Syifa Aulia, “Pengembangan Bahan Literasi PAI berbasis Media Sosial” Jurnal Tarbawy Vol. 7 No. 1 (2020)

Zulkifli, M, “Model Pembelajaran PAI berbasis TIK yang Valid dan Praktis pada SMA Negeri 4 Kendari Sulawesi Tenggara” jurnal At-Ta’dib Vol. 6No. 2 (Juli-Desember, 2013)

Downloads

Published

2025-02-28