PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA FASE E SMA NEGERI 1 LUNANG
Keywords:
Pengaruh, Model Picture and Picture, MenulisAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, siswa sulit membedakan mana yang cerita lucu dan mana yang anekdot sehingga mengalami kesulitan dalam menulis. Siswa kurang berminat dalam menulis karena penguasaan kosa kata dan minat baca yang kurang. Siswa kurang paham dalam kaidah kebahasaan dan struktur teks anekdot. Siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dalam bentuk unsur humor yang mengandung unsur kritikan atau sindiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diolah berupa angka. Penelitian ini menggunakan desain true experimental design dengan rancangan penelitian adalah posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu selurus siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Sampel pada penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu, variabel bebas dan variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis teks anekdot tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang. Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks anekdot tanpa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang memperoleh nilai rata-rata 72,15 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang memperoleh nilai rata-rata 88,27 dengan kualifikasi baik sekali. Ketiga, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa Fase E SMA Negeri 1 Lunang karena thitung > ttabel (5,56 > 1,67).Downloads
References
Dalman. (2023). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.
Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Mulyadi, Y., Andriyani, A., & Fajwah, A. M. (2016). Buku Intisari Sastra Indonesia untuk SMP dan SMA. Yrama Widya.
Rosidi, I. (2009). Menulis Siapa Takut? Panduan bagi Penulis Pemula. KANISIUS.
Semi, M. A. (2009). Menulis Efektif. Angkasa Raya.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Tarsito.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Jurnal :
Sukmawati, N. M. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 198–206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.