HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA FASE E SMAN 02 MUKOMUKO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18439Keywords:
connection, literacy, writeAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi membaca dan menulis siswa Fase E SMAN 02 Mukomuko dalam menulis teks eksposisi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat membaca siswa SMAN 02 Mukomuko. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mendeskripsikan literasi membaca siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Kedua, untuk mendeskripsikan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Ketiga, untuk mendeskripsikan hubungan literasi membaca dengan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua tahap yaitu, memberikan skor soal literasi membaca, dan siswa menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini Pertama, literasi membaca siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko diperoleh nilai rata-rata hitung 79,85. Kedua, menulis teks eksposisi siswa diperoleh nilai rata-rata hitung 83,49. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara membaca dengan menulis teks eksposisi. Hal ini terlihat dari pengujian yang membuktikan bahwa thitung> ttabel yaitu 15,69>1,69 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi membaca dan menulis siswa Fase E SMAN 02 Mukomuko dalam menulis teks eksposisi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat membaca siswa SMAN 02 Mukomuko. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mendeskripsikan literasi membaca siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Kedua, untuk mendeskripsikan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Ketiga, untuk mendeskripsikan hubungan literasi membaca dengan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua tahap yaitu, memberikan skor soal literasi membaca, dan siswa menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini Pertama, literasi membaca siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko diperoleh nilai rata-rata hitung 79,85. Kedua, menulis teks eksposisi siswa diperoleh nilai rata-rata hitung 83,49. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara membaca dengan menulis teks eksposisi. Hal ini terlihat dari pengujian yang membuktikan bahwa thitung> ttabel yaitu 15,69>1,69Downloads
References
Buku :
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
.
Jurnal :
Utami, Y. S., Ratna, E., & Chan, W. (2012). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kinali. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 139-144.
Widiastuti, S. W. (2016). Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14 (2), 177-184.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.