PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Asep Priatna STKIP Subang
  • Ghea Setyarini STKIP Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139

Keywords:

Role Play Learning Model, Learning Skills

Abstract

Based on the results of field studies conducted by researchers, the quality of teaching and speaking of students in grade IV SDN Sukamaju is still less active in terms of speaking, they prefer to talk during lessons, do not want to ask questions, say nothing and if the teacher asks to speak, students are still stammering, embarrassed and doubtful. With this in mind, it can be seen that fourth-grade students still do not have the speaking skills, and it is difficult to communicate the information obtained. Researchers are learning to role-play learning models for class IV student learning in Indonesian language learning and for class IV students' understanding by applying role-playing learning models to speaking learning in Indonesian language learning. The method used in this study is a quantitative study kind of quasi experiment conducted on students in class IV SDN Sukamaju with a total of 42 students, consisting of IV A 21 people and class IV B 21 people. This research uses the Nonequivalent Control Group Design. Data The results of the study were obtained from interviews, tests, questionnaires, observations, and documentation. The average value of the post-test class using conventional learning has an average value of 74.90. In contrast, the experimental class that uses the role-playing model has an average value of 80.19. It can simplify learning by using role learning models that can help students in learning to read in learning Indonesian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ahmad Rofi’uddin & Darmiyati Zuhdi. 1991. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Arsjad, Maidar. G dan Mukti. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Amalia, Lilik. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran pada Siswa Kelas III MI Ziyadatul Huda Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. PGMI-UINSH.

Anggara, Dian. Analisis Kualitatif Media Pop Up Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 SD Negeri Botolambat 03 Kandeman Kabupaten Batang. Jurnal.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Astuti, Riani. 2015. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop Up Siswa Kelas III SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. PGSD-UNY.

Azwar, Saifuddin. 2007. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Djamarah, S, B. dan Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djijar, Canggih Devi. 2015. Efektivitas Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membeca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Brwijaya Smart School Malang. Skripsi. PGMI-UNMMIM.

Ernani, Ahmad Syarifudin. 2016. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2, Nomor 1, Januari 2016

Fadillah, Rachmadini Nur dkk. Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Vol. 30 No. 1 April 2016.

Haryadi & Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Izzaty, E. R. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Lamajau, Eresia. Analisis Kualitatif Media Pop Up Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 SD Negeri Botolambat 03 Kandeman Kabupaten Batang. Jurnal. Vol. 5 No. 1 ISSN 2354-614X.

Maiyesta, Onny. 2018. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas III SD Ma’arif YPM Wonocolo Sidoarjo. Skripsi. PGMI-UINSAS.

Ningsih, Suwarti. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal. Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614X.

Nurgiyantoro, B. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pramesti, Jatu. 2015. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Mangkura IV Makassar. Artikel Jurnal. PGSD-UNY.

Ramadhan, Mutiara Putri. 2017. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Min 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. PGMI-UINRIL.

Resmini, Novi, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Samsul. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Galumpang Melalui Metode Latihan. Jurnal. Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sari, Linda. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Min Lhoknga Aceh Besar. Skripsi. PGMI-UINAR-RANIRY.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : JICA.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G. 2015. Berbicara Sebagai Salah Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal I.

Usada, Desta Setyawan dkk. Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Skripsi.

Wigita, Tamara dkk. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Mangkura IV Makassar. Jurnal. PGSD-UMM.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2020-01-08