IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF MELALUI KESEPAKATAN KELAS SEBAGAI UPAYA KURATIF PERILAKU MENYIMPANG KELAS VI SDN BRINGIN 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.21141Keywords:
disiplin positif, kesepakatan kelas, perilaku menyimpangAbstract
Perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk membentuk perilaku anak. Sikap yang positif perlu terus dibentuk dan dikembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku positif dengan penerapan kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas merupakan salah satu bentuk dari disiplin positif untuk mengatasi perilaku menyimpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu proses penelitian dilakukan tidak untuk membuktikan teori dan tidak berupa angka, melainkan menggambarkan dan menguraikan secara rinci dan mendalam permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara yang wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display atau penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian disiplin positif melalui kesepakatan kelas mampu mengatasi serta memperbaiki perilaku menyimpang peserta didik dan menciptakan proses pembelajaran yang kondusif.Downloads
References
Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149
Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). Penerapan Disiplin Positif Dalam Pembelajaran Ditinjau Melalui Perspektif Kristen [Positive Discipline in Learning Reviewed Through a Christian Perspective]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 216. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101
Anggita, A. D., Purnamasari, I., & Rais, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyimpang Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Sd Negeri Pleburan 03 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.43951
Anggraini, H. Y., & Ismail, I. (2023). Strategi Manajemen Kesiswaan Dalam Upaya Mengatasi Perilaku Menyimpang. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 8(1), 61–76. https://doi.org/10.15575/isema.v8i1.25217
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Ansori, M. (2022). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru 2022 e-ISSN: 2829-3541. 30–33.
Fajri, N. (2021). at-Tarbiyah al-Mustamirrah : Jurnal Pendidikan Islam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 2, 1–10.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Hadisi, L. (2013). Pendidikan Agama Islam: Solusi Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa SMK Negeri 1 Kendari. Al-Izzah, 8(2), 124–146. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=XJ4k3NAAAAAJ&citation_for_view=XJ4k3NAAAAAJ:YsMSGLbcyi4C
Hasibuan, A., Gultom, C. R., Mahulae, S., & Juliana, J. (2023). Sosialisasi Penerapan Budaya Positif Melalui Kesepakatan Kelas di Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran Kabupaten Asahan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–7. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2201
Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.549
Hoerunisa, E., Wilodati, W., & Kosasih, A. (2018). Strategi Pihak Pesantren Dalam Mengatasi Santri Yang Melakukan Perilaku Menyimpang. Sosietas, 7(1), 323–328. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10344
Julian, P. D., Ditha Fitria, E., Maulidah, I., Widayanti, W., Nurajijah, A., Nuroniah, E., & Banyutresna, S. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kelas di TK Harapan Sindangsari. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2), 230–240. https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.256
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940
Kurniati, A. (2016). Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Perpektif Islam. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 8(1), 19–26.
Mumtahanah, M. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 19–36. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1378
Salam, N. F. S., Manap Rifai, A., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 487–508. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.503
Setyowati, E., & Nurdahlia, D. U. (2018). Strategi Penanganan Perilaku Menyimpang Peserta Didik m melalui Guru sebagai Role Model. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 24, 35–42.
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tanfidyah, N. (2020). Pengembangan Peraturan Kelas sebagai Upaya Kuratif Perilaku Menyimpang Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV MIN Yogyakarta 1. Journal GEEJ, 7(2), 126–145.
Utari, N. K. S. E. (2023). Penerapan Disiplin Positif Melalui Kesepakatan Kelas Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101
Wijaya, I. D. R. (2015). Disiplin Positif dalam Pengasuhan dan Pendidikan. Scribd, 21. https://id.scribd.com/doc/292890476/Buku-Panduan-Disiplin-Positif
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.