PEMANFAATAN PLATFORM BELAJAR.ID DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA AL-ISHLAH CILEGON
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21063Keywords:
Belajar.id, Proses Pembelajaran, Kualitatif DeskriptifAbstract
ABSTRACT This research is motivated by the (1) lack of utilization of the belajar..id platform which causes the belajar..id platform provided by the education and culture office to be useless. This research aims to find out how much the belajar.id platform benefits the (2) learning process at Al-Ishlah Cilegon High School. The research method used is (3) descriptive qualitative with data collection through observation, interviews and documentation of teachers and students. The results show that the utilization of the belajar.id platform has not been maximized because of the 14 applications integrated with the belajar.id account, Al-Ishlah Cilegon High School students only use 2 applications. In conclusion, students have activated the belajar.id account but have not used it optimally, it is only used to log into the premium canva account and save files on google drive, because the storage becomes larger. Keywords: Belajar.id, Learning Process, Descriptive Qualitative ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh (1) kurangnya pemanfaatan platform belajar.id yang menyebabkan tidak bergunanya platform belajar.id yang diberikan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat platform belajar.id dalam (2) proses pembelajaran di SMA Al-Ishlah Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah (3) kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan platform belajar.id belum maksimal karena dari 14 aplikasi yang terintegrasi dengan akun belajar.id, siswa-siswi SMA Al-Ishlah Cilegon hanya menggunakan 2 aplikasi saja. Kesimpulannya, siswa-siswi sudah mengaktivasi akun belajar.id tetapi belum menggunakannya secara maksimal, hanya digunakan untuk login ke akun canva premium dan menyimpan file di google drive, karena penyimpanan menjadi lebih besar. Kata Kunci: Belajar.id, Proses Pembelajaran, Kualitatif DeskriptifDownloads
References
Albi Anggito. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Djusar, S., Asril, E., & Anggraini, K. (2023). Pemanfaatan Akun Belajar.id bagi Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 111–116. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5400
Eri Barlian. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue 112).
Gunawan, I. (2017). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Hariyanto, S. &. (2015). Implementasi Belajar & Pembelajaran. In Implementasi Belajar & Pembelajaran (p. 12).
Ida Bagus. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana.
Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Ispiyani, S., Yuliana, Y., & Aulia, I. (2023). Pemanfaatan Platform Belajar.id bagi Guru di SDN Mekargalih II. Action Research Literate, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.46799/arl.v7i1.180
Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520
Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Nugrahani Farida. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa.
Pane & Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rahmawati, S., Astuti, D., & Fadriati, F. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3026–3038. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1212
Risky Kawasati. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. STAIN Sorong, 21(58), 99–104. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989
Siregar, M., Anggara, A., Faraiddin, M., & Syafridah, N. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13392
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.30653/003.201841.44
Tri Sanjaya, L., & Miratun Nur Arifah. (2022). Mitigasi Pembelajaran Daring Melalui Sosialisasi Pemanfaatan Akun Belajar.Id. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(1), 873–882. https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss1.art4
Umalihayati. (2023). METODOLOGI PENELITIAN. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Umalihayati. (2024). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR. CV Rey Media Grafika.
Wahyudi, D., & Suwandana, E. (2022). Efektivitas Implementasi Kebijakan Akun Belajar.Id Kemendikbud Oleh Tenaga Kependidikan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.56945/jkpd.v6i1.140
Wiwin Yuliani. (2017). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.