PENGEMBANGAN LAYANAN KONSEING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MRNGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF MAHASANTRI IBNU KATSIR 2 JEMBER

Authors

  • Ummi Kulsum Universitas PGRI ARGOPURO, Jember,Indonesia
  • Mudafiatun Isriyah Universitas PGRI ARGOPURO, Jember,Indonesia
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI ARGOPURO, Jember,Indonesia

Keywords:

Konseling behavior,Self management, konfomitas negatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membantu menanggulangi perilaku konformitas teman sebaya dikalangan  mahasiswa yang dapat berdampak buruk bagi mereka yaitu konformitas negatif teman sebaya. Konformitas merupakan upaya individu agar diterima dalam sebuah kelompok, adanya konformitas dapat berpengaruh negatif terhadap pembentukan karakteristk individu sebagaimana yang terjadi di PPA Ibnu Katsir, hasil observasi dan wawancara peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa perilaku konformitas negatif telah menjadi boomerang dikalangan mahasiswa PPA Ibnu Katsir, untuk menanggulanginya peneliti berupaya mengembangkan buku panduan layanan konseling behavioral untuk mempermudah guru dalam menangani permasalahan yang terfokus pada perilaku, buku panduan behavioral menggunakan teknik self management, strategi ini diupayakan untuk membantu klien dalam mengatur segala aspek kehidupan serta mengurangi perilaku konformitas negatif. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) yang akan mengembangkan suatu produk untuk membantu mengentaskan konformitas negatif teman sebaya. Adapun  proses pengembangannya akan menggunakan model ADDIE sebagai panduan setiap langkah pengembangan produknya. Luaran dari penelitian ini adalah dengan terciptanya suatu produk buku panduan behavioral dengan teknik self management untuk dapat menanggualangi perilaku konformitas negatif teman sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Upik Khoirul & Anam, S. (2017). Pendahuluan Kelompok remaja mamang tidak dapat dipungkiri keberadaannya, baik kelompok-kelompok remaja di masyarakat, di sekolah, maupun. Jurnal Studi Islam, 13, 98–125.

ABKIN. (2011). Panduan pelayanan bimbingan karir bagi guru bimbingan konseling/konselor pada satuan pendidikan dasar dan menengah. http://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_165903/lang--en/index.htm

Agustina, I., & Noviasari, I. (2022). Pengaruh Konseling Behavioral Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Kasus Kekerasan Seksual. Indonesian Journal of Professional Nursing, 3(2), 152. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4922

Alwi, R., Qolbiah, S. S., Lestari, N., Self, P., Dalam, M., Kedisiplinan, M., Smk, S., Leuwiliang Bogor, S., & Shofiatul Qolbiah, S. (2023). Self Management Coaching in Improving Discipline of Students SMK Statika Leuwiliang Bogor. Journal For Islamic Studies, 6(4), 237–242. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i4.758.Self

Cahayani, F. (2021). Effectiveness Of Group Guidance With Self Management Technique to Minimixe Online Game Addiction in Class X Student of SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 151–159.

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207

Ezra Addo Setiawan, Anniez Rachmawati Musslifah, & Dhian Riskiana Putri. (2024). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Bullying Pada Remaja Akhir. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(4), 157–166. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i4.664

Febriani, S., Sinring, A., & Konseling, B. (2020). Indonesian Journal of School Counseling : Theory , Application and Development Volume X Nomor Y Mount Years . Pages xx-xx Homepage : http://ojs.unm.ac.id/index.php/IJOSC DOI : https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5817 Pengembangan Buku Jujur Dalam Bibliokon. X(1).

Haslindah. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral dalam Penanganan Remaja Bermasalah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, Vol.1(No.2), h.77-86. https://www.neliti.com/publications/439172/

Indah. (2023). PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN Indah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol.1(No.2), 1–23.

Isriyah, M. (2017). Pengembangan Tari Glethak untuk Meningkatkan Gerak Non Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 2(1), 24–27.

Isriyah, M., Awlawi, A. H., & Degeng, I. N. S. (2023). Pengembangan Model Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. 07, 42–58.

JASMINE, K. (2019). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 9(April).

Lestari, F. A., Nawantara, R. D., & Setyawati, S. P. (2021). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Era Disrupsi, 157–165.

Mariam, N. (2019). The Development of an ADDIE Based Instructional Model for ELT in Early Childhood Education *. 20(1), 25–55.

Monica, M. A., & Abdul Gani, R. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 119–132. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.576

Nursadeli, P. N., Fatimah, S., & Suherman, M. M. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Perilaku Konformitas Siswa Kelas Xi Ma Al-Mukhtariyah Mande. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(6), 465. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8289

Prabowo, A. S. (2019). PENDEKATAN BEHAVIORAL : DUA SISI MATA PISAU Abstrak Tulisan ini membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pendekatan konseling behavioral berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada berbagai literatur ilmiah yang terkait . 5(1), 15–19.

Pratama, K. A. A. P. (2019). Effectiveness Of Behavioral Counseling With Relaxation Techniques To Improve Student Self Change. Jurnal Bimbingan Konseling IndonesiaKonseling, Efektivitas Dengan, Behav, 1(1), pp XX-XX. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Rahmayanty, D., Triana, F. F., Ananta, G., & Andreani, R. (2023). Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Di Lingkungan Pertemanan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 212–220. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8498

Soleha, R., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Hubungan Antara Konformitas Kelompok Sebaya. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi & Pendidikan, 2(1), 52–57.

Sulistianingsih, A. (2024). Development of the Self-care Module of Assertive Communication Theory to reduce Toxic Behavior. 8(2), 185–204. https://doi.org/10.21043/konseling.v8i2.26728

Suwanto, I. (2019). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. 1, 5–9.

Vania, N. R., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Rangka Pengelolaan Stres Akademik Peserta Didik Kelas Viii Smp. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(6), 250. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.3541

Downloads

Published

2024-12-31