GAYA KEPEMIMPINAN LAISSEZ FAIRE DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • M Teguh Saefuddin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suherman Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20844

Keywords:

Leadership Style, Laissez Faire

Abstract

Peran pemimpin tercermin saat seseorang mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang mereka lihat. Dengan kata lain, pimpinan ini menggunakan gaya kepemimpinan mereka untuk mendorong bawahan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai. Selain itu, dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai untuk memimpin suatu organisasi. Penelitian ini adalah ulasan literatur, atau studi pustaka, yang bertujuan untuk mengevaluasi teori dan data empirik yang ada dan membuat ide baru berdasarkan hasilnya (Palmatier, Houston, & Hulland, 2018). Gaya kepemimpinan laissez-faire memberikan tim Anda kesempatan untuk turun tangan langsung dan belajar seiring berjalannya waktu karena memungkinkan anggota tim untuk lebih bebas, produktif, dan percaya diri untuk tetap memegang kendali atas pekerjaan mereka sendiri. Akan tetapi Kepemimpinan laissez-faire bergantung pada kemampuan setiap anggota tim, sehingga tidak efektif dalam situasi di mana anggota tim tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman yang diperlukan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas. Hal ini dapat menurunkan kinerja pekerjaan. Gaya kepemimpinan ini memiliki manfaat dan resikonya sendiri. Karena kekuatan yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok, kondisi dan situasi tertentu diperlukan untuk penerapan gaya kepemimpinan laissez-faire yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolph, R. (2016). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN LAISSEZ-FAIRE DAN OTOKRATIS TERHADAP KINERJA KARYAWAN GENERASI MILLENNIAL STUDI PADA KARYAWAN UBLIXMEDIA. 1–23.

Andriani, E., Rochmah, P. G. H., Lestari, I., Tampubolon, R. L. S. D. P., & Ummah, N. K. (2024). Penerapan Model Laissez-Faire Dalam Sistem Pendidikan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7).

Citra, O. :, Tumbol, L., Tewal, B., Sepang, J. L., Ekonomi, F., Bisnis, D., Universitas, J. M., & Ratulangi, S. (2014). Gaya Kepemimpinan Otokratis, Demokratik Dan Laissez Faire Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan Pada Kpp Pratama Manado. Gaya Kepemimpinan Otokratis… 38 Jurnal EMBA, 2(1), 38–47.

Haryani, M. (2020). Gaya Kepemimpinan Laissez Faire Kepala Desa Sumber Datar Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Ejournal.Uniks.Ac.Id, 203–218. http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/PERAK/article/view/853%0Ahttp://ejournal.uniks.ac.id/index.php/PERAK/article/download/853/588

Hendrawati. (2017). Kepemimpinan Laissez Faire. Jurnal Akuntansi, 11.

Mustomi, D., & Reptiningsih, E. (2020). Gaya Kepemimpinan Dalam Perspektif Generasi Millenial. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 189–199. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp189-199

Style, L. L., Nasir, J., Romli, B., Pembangunan, B., & Keluarga, K. (2024). Gaya Kepimpinan Laissez-Faire dan Kesan Terhadap Tingkah Laku Keselamatan dalam Kalangan Paramedik di Lembah Klang. 13(1), 56–67.

Trisna, A. (2022). Kontribusi Kepemimpinan Laissez-Faire, Sarana Dan Prasarana, Kepuasan Kerja, Dan Ketahanmalangan Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 94–103.

Downloads

Published

2024-12-30