EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI PLICKERS TERHADAP PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA KELAS 4 DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Komalasari PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Rosda Maulida PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Qhatrun Nada PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Ravina Azhar Alfiyyah PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Susanti Ariyanti PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Adika Agil Firdaus PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta
  • Afridha Laily Alindra PGSD Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20739

Keywords:

Alat Evaluasi, Antusiasme, Keaktifan Belajar, Madrasah Ibtidaiyah, Platform Wordwall., cooperative learning model type STAD, plickers application, understanding of science concepts

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan informasi teknologi yang berpengaruh terhadap proses belajar siswa, terutama dalam penggunaan media pembelajaran digital. Media pembelajaran digital sudah menyentuh seluruh rangkaian pembelajaran termasuk rangkaian evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Namun peserta didik seringkali kurang berantusias dalam proses evaluasi karena tidak adanya variasi media evaluasi yang menarik, sehingga berdampak pada antusiasme siswa. Salah satu media evaluasi yang mampu meningkatkan antusiasme siswa adalah Plickers. Plickers merupakan media evaluasi yang mengintegrasikan media evaluasi konkrit dan digital. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan referensi media evaluasi digital Plickers yang dapat membuat siswa lebih antusias terhadap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian 23 siswa kelas IV di SD Negeri 6 Nagrikaler Purwakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media evaluasi Plickers dapat meningkatkan antusiasme siswa kelas IV SDN 6 Nagrikaler, ditunjukkan dengan peningkatan persentase indikator antusiasme siswa. Peningkatan antusiasme siswa dapat dilihat berdasarkan hasil analisis yang memperoleh peningkatan dengan persentase 50,43% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 88,69%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyani, N. L. P. S., dkk. (2024, December). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Plickers sebagai Alternatif Mode Evaluasi dalam Jaringan Bagi Guru-Guru Di SD Negeri 5 Les Kecamatan Tejakula. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 9(1), 1782-1788.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.Akmalia, R., dkk. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 4089-4092

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam pendidikan. FKIP ePROCEEDING, 1-5.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17.

Chanialidis, C. (2019). Enabling Active Learning in Large Classes Through the Use of Plickers. In:5th International Conference on Higher Education Advances Universitat Politecnica de Valencia. https://doi.org/10.5281/zenodo.3336383

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Isnayanti, A. N., & Purnamasara, D. I. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Interaktif Kuis Wordwall dan Benda Konkret Siswa Kelas IV SD Model Terpadu Madani. JURNAL DIKDAS, 20(1).

Kent, D. (2019). Plickers and the pedagogical practicality of fast formative assessment. Teaching English with Technology, 19(3), 90-104.

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. AlMutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152-175.

Magdalena, I. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. MASALIQ: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(5), 810-823

Mandasari, F. N. K., Soepeno, B., Putri, R. P. N., Triyanto, J. R., Prasetyo, G., & Nasution, A. A. B. (2024). Development of Articulate Storyline Media Assisted by Plickers Based on Problem Based Learning in History Subjects. JURNAL HISTORICA, 8(2), 315-336.

Manongga, A. (2021). Pentingnya Teknologi Informasi dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (978-623-98648-2-8).

Masita, M., & Fitri, N. 2020. The Use of Plickers for Formative Assessment of Vocabulary Mastery. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(2),311–320

Mshayisa, V. V. 2020. Students’ Perceptions of Plickers and Crossword Puzzles in Undergraduate Studies. Journal of Food Science Education,19(2),49–58.https://doi.org/10.1111/1541-

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (978-623-98648-2-8).

Rahmawati, D, N., dkk. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizziz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55-66

Situmorang, J. S. M., & Mediatati, N. (2023). Efektivitas Plickers Sebagai Media Evaluasi PPKn Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 441-453.

Wathon, A. (2022). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Kelompok Belajar. Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-22.

Wiyaka, W., & Prastikawati, E. 2021. Plickers as an Online Formative Assessment to Improve Secondary School Students’ English Learning. SSRN Electronic Journal, 302,1–16. https://doi.org/10.2139/ssrn.3864809

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)