MEMBANGUN KESADARAN PENDIDIKAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL: STUDI KASUS KKN ITB AHMAD DAHLAN DALAM MEMPROMOSIKAN KULIAH DARING

Authors

  • Raisah Herlianti S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Nurjannah S1 Akuntansi, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Angkut Jaya S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Khoerotil Uyun S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Khoirul Hadzik S1 Akuntansi, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Dedit Deperi S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Maulana Syarif Ibrahim S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Eko yudi prasetyo S1 Manajemen, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Maria Gloria Hutasoit S1 Akuntansi, ITB Ahmad Dahlan Jakarta
  • Wahono S1 Akuntansi, ITB Ahmad Dahlan Jakarta

Keywords:

Kesadaran Digital, Pendidikan Tinggi, Kuliah Daring, Pemberdayaan Komunitas, Kelompok Marginal

Abstract

Akses terhadap pendidikan tinggi tetap menjadi tantangan besar bagi komunitas marginal di Indonesia yang sepenuhnya belum menyadari mamfaat kuliah daring, di mana hambatan ekonomi, geografis, dan informasi masih dominan. Dengan tema ”Kita Semua Berhak Berpendidikan Tinggi” , melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Virtual ITB Ahmad Dahlan, menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran tentang pendidikan tinggi kuliah daring. Program ini menjangkau sepuluh lokasi yang berbeda-beda dengan audiens beragam, seperti siswa sekolah, pekerja/karyawan , ibu rumah tangga, dan organisasi pemuda, menggunakan metode inklusif seperti edukasi literasi digital, lokakarya pengelolaan keuangan, dan kampanye media sosial. Dengan adanya intervensi ini hasil yang diharapkan menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan tentang fleksibilitas dan aksesibilitas pendidikan  kuliah daring. Namun, tantangan infrastruktur dan finansial tetap menjadi hambatan utama. Studi ini menggali efektivitas strategi ini, dampaknya, serta menawarkan rekomendasi untuk memperluas inisiatif serupa di tingkat nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis. University of Chicago Press.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Pendidikan Indonesia. Jakarta: BPS.

Rawls, J. (1971). A Theory of Justice. Harvard University Press.

Downloads

Published

2024-12-31