MEMBANGUN KESADARAN PENDIDIKAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL: STUDI KASUS KKN ITB AHMAD DAHLAN DALAM MEMPROMOSIKAN KULIAH DARING
Keywords:
Kesadaran Digital, Pendidikan Tinggi, Kuliah Daring, Pemberdayaan Komunitas, Kelompok MarginalAbstract
Akses terhadap pendidikan tinggi tetap menjadi tantangan besar bagi komunitas marginal di Indonesia yang sepenuhnya belum menyadari mamfaat kuliah daring, di mana hambatan ekonomi, geografis, dan informasi masih dominan. Dengan tema ”Kita Semua Berhak Berpendidikan Tinggi” , melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Virtual ITB Ahmad Dahlan, menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran tentang pendidikan tinggi kuliah daring. Program ini menjangkau sepuluh lokasi yang berbeda-beda dengan audiens beragam, seperti siswa sekolah, pekerja/karyawan , ibu rumah tangga, dan organisasi pemuda, menggunakan metode inklusif seperti edukasi literasi digital, lokakarya pengelolaan keuangan, dan kampanye media sosial. Dengan adanya intervensi ini hasil yang diharapkan menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan tentang fleksibilitas dan aksesibilitas pendidikan kuliah daring. Namun, tantangan infrastruktur dan finansial tetap menjadi hambatan utama. Studi ini menggali efektivitas strategi ini, dampaknya, serta menawarkan rekomendasi untuk memperluas inisiatif serupa di tingkat nasional.Downloads
References
Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis. University of Chicago Press.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Pendidikan Indonesia. Jakarta: BPS.
Rawls, J. (1971). A Theory of Justice. Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.