PEMIKIRAN PENDIDIKAN M. ‘ATHIYAH AL-ABRASYI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Authors

  • Sonia Isna Suratin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ghina Rahmah Maulida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hailen Ike Yunida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zaki Arrazaq UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khairil Candra Wijaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hujjatul Fakhrurridha UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20654

Keywords:

M. Athiyah Al-Abrasi, Pemikiran Pendidikan, Pendidikan Islam Kontemporer

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam mengalami kemerosotan. Permasalahan tersebut harus segera disikapi dengan mengembangkan ilmu pendidikan Islam, salah satu caranya melalui kajian terhadap tokoh-tokoh intelektual Islam. Artikel ini akan menggali dan mendiskusikan salah satu pemikiran tokoh intelektual Islam, yakni  M. 'Athiyah Al-Abrasyi agar relevan dengan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ditulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-naratif, teknik pengumpulan data berupa membaca teks terkait dengan data-data yang dibutuhkan. Data-data yang terkumpul diklasifikasi dalam sub pembahasan dan dianalisis dengan teknik analisis isi, kemudian disusun secara deskriptif-naratif menjadi artikel yang sistematis. Menurut 'Athiyah pendidikan Islam mengajarkan manusia untuk hidup sempurna dan bahagia, cinta tanah air, kuat jasmani, berakhlak mulia, tertib pikiran, halus perasaan, terampil dalam bekerja, dan manis dalam berkata-kata, baik tertulis maupun lisan. Tujuan utama pendidikan Islam adalah pengembangan akhlak, sejalan dengan UU No. 20 Tahun 2003. Dasar-dasar pendidikan: 1) strategi pengajaran dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keadaan peserta didik, sejalan dengan prinsip pengembangan. 2) contoh dapat diakses panca indera, sesuai dengan prinsip demonstrasi. 3) hiburan dan permainan, sejalan dengan PAIKEM. Konsep metode pendidikan akhlak: a) metode langsung melalui bimbingan yang baik, relevan dengan metode ceramah. b) metode tidak langsung melalui sajak kebaikan, relevan dengan anak zaman sekarang yang sering menggunakan kata-kata dalam belajar. Pengembangan konsep pendidikan kejuruan, selaras dengan UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 15. Guru harus memahami kepribadian peserta didik, pemaaf, dan ahli dalam materi pelajaran, sesuai dengan UU No. 14 Pasal 10 Tahun 2005.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, M. Athiyah. (1987). M Athiyah Al Abrasyi; Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. translate by Bustami A Ghani and Djohar Bahri, Cet V. Jakarta: PT Bulan Bintang.

Arifin, Yanuar. (2018). Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam: Dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.

Assegaf, Abd. Rachman. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah keilmuan tokoh klasik sampai modern. Depok: Raja Grafindo Persada.

Aziz, Fikri Abdul. (2020). Moral Peserta Didik Dan Pendidikan Islam Menurut Pemikiran ‘Athiyah Al-Abrashyi. Jurnal eL-Tarbawi Volume 13 No.1. https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article/download/13145/11269/50934

Basri, Hasan. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Daulay, Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam dalam Prespektif Filsafat. Jakarta: Prenada Media.

Falah, Ahmad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut M. ‘Athiyah Al-Abrasyi dalam Kitab At-Tarbiyah al-Islamiyyah Wa Falasifatuha. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10.1, Februari. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/784

H.E, Mulyasa., Wardan, Anang Solihin. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hadi, Imam Anas. (2018). Analisis Kritis Pemikiran Pendidikan Progresif Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam), Undaris Semarang: Jurnal Inspirasi – Vol.1, No.3 Januari – Juni. https://core.ac.uk/download/pdf/285985552.pdf

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilham, Dede. (2023). Pemikiran Pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi: Perspektif Filsafat Pendidikan. At-Thullab: Jurnal Of Islamic Studies Vol. 4 (1), Juni. https://ejournal.stai-nh.ac.id/atthullab/article/download/27/12

Iqbal, Abu Muhammad. (2015). Pemikiran pendidikan Islam: Gagasan-gagasan besar para ilmuwan Muslim. Yogyakatra: Pustaka Pelajar.

Jauhari, Muhammad Insan. (2022). Relevansi Konsep Pendidikan ‘Athiyah Al-Abrasyi Terhadap Pendidikan Era Modern. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagamaan dan Pendidikan Islam Vol. 06, No. 01, Februari. https://lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/taw/article/download/2584/1071

Maragustam. (2023). Filsafat Pendidikan Islam menuju Pembentukan Karakter. (Yogyakarta: Pascasarjana Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Musayyidi. (2018). Pemikiran Pendidikan Prof. Dr. M. Athiyah al-Abrasyi. Jurnal Kariman, Volume 06, Nomor 02, Desember. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/download/91/84/179

Ramli, Mohammad. (2021). Pemikiran Pendidikan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Tadiban: Journal of Islamic Education 2.1 Juli-Desember. https://journal.stithidayatullah.ac.id/index.php/tadibanjournals/article/view/34

Siregar, Maragustam. (2020). Filsafat Pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Dan Relevansinya Terhadap Dunia Modern. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Suyadi. (2014). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan: The Power of Smart Games for Children. Yogyakarta: Power Books.

Undang-Undang RI, Nomor 12 Tahun 2012.

Undang-Undang RI, Nomor 14 Tahun 2005.

Undang-Undang SISDIKNAS No.20 Tahun 2003.

Downloads

Published

2024-12-30