PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKS BACAAN SISWA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Mind Mapping, Reading Text, Elementary SchoolAbstract
Pemahaman kalimat dalam pembelajaran merupakan hal yang perlu dipelajari siswa sejak di bangku sekolah dasar. Sayangnya, masih banyak siswa yang kesulitan memahami isi bacaan terutama pada mata pelajaran Bahasan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bacaan melalui penerapan teknik mind mapping pada siswa kelas sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitin Tindakan Kelas (PTK) untuk memantau perkembangan tingkat pemahaman bacaan siswa secara langsung. Teknik mind mapping dipilih karena dapat membantu siswa mengorganisasi ide utama dan hubungan antar-konsep secara visual, sehingga diharapkan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Suharsimi Arikunto. Penelitian tindakan terbagi dalam prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes diagnostic pemahaman teks bacaan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa terhadap teks bacaan, tercermin dari hasil tes pada prasiklus sebesar 50,8 siklus 1 sebesar 64,8 dan siklus 2 sebesar 82,4. Selain itu, teknik ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan serta interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk menerapkan teknik pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.Downloads
References
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 13, Issue 1).
Dahlani, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 208–218.
Hafidho, S. U., Wibowo, S., & Rahmawati, E. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 227–237.
Karnila Widiastuti, K., & Fitrotun Nisa, A. (2024). PENGARUH METODE PBL BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 1 SETROJENAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2104–2113.
Komitmen, P., Terhadap, T., Pedagogik, K., Melalui, G., Pengawas, P., Dan, S., Sekolah, K., Negeri, S., & Hikmat, K. T. (2020). Peningkatan Komitmen Tugas Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Peran Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah di SMA Negeri 7 Kota Tangerang. PERSPEKTIF: Jurnal Ilmu Administrasi, 2(2).
Kurniawan, S., Lusiana, R., & Anang Lilik Gunarso, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS 5 SDN JERUK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
Marischa Nadia, E., & Christye Dato Pango, dan. (2021). Pelaksanaan Kegiatan iTalk (Innovation Talk) Untuk Pengembangan Pemikiran Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Budaya Literasi Membaca. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 59.
Setya Ningrum, D., Ratnaningsih, A., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan (Vol. 4). Online.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.