EFEKTIVITAS BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL “TANAH ANIMHAKU” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN MERAUKE

Authors

  • Karlina Wong Lieung PGSD, Universitas Musamus Merauke
  • Dewi Puji Rahayu PGSD FKIP Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.20479

Keywords:

e-book, contextual-based, reading-comprehension

Abstract

E-book menjadi salah satu solusi bagi siswa di provinsi Papua, khususnya kecamatan Merauke yang sering mengalami keterlambatan dalam pendistribusian buku cetak pelajaran dan juga harga yang relatif lebih mahal. Salah satu e-book yang telah dikembangkan adalah e-book berbasis kontekstuan dengan judul Tanah Animhaku. Pengembangan bahan ajar ini bermaksud menggali kemampuan siswa melalui strategi inkuiri. Potensi siswa yang dikembangkan melalui pengembangan bahan ajar membaca berbasis pendekatan kontekstual meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Pengembangan bahan ajar ini menolong siswa membuat kaitan antara materi bahan ajar dengan kehidupan siswa. Siswa mengalami dan mempelajari sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian yakni mengukur kefektifan e-book membaca berbasis pendekatan kontekstual “Tanah Animhaku” dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas IV sekolah dasar di Merauke. Desain penelitian pada penelitian ini adalah desain one grup pretest- postest. Data kuantitatif  dianalisis untuk mendapatkan N-gain dihitung menggunakan rumus Meltzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest siswa tanpa menggunakan bahan ajar membaca berbasis pendekatan kontekstual memperoleh rata-rata nilai 74,88 atau kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pemahaman siswa. Hasil pemahaman siswa pada saat posttest memperoleh rata-rata nilai 88,8. Hal ini mengindikasikan e-book yang telah disusun memberikan peningkatan pemahaman membaca siswa kelas IV di Merauke.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Bastug, M. & Demirtas, G. (2016). Child Centered Reading Intervention: See, Talk, Distate, Read, Write. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(4), 601-616.

Fitriana, Puji. (2021). PENGGUNAAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 11 No 2, 170-177. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5325

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huang, H. C., Tsai, Y. H., & Huang, S. H. (2015). The Relevant Factors in Promoting Reading Activities in Elementary Schools. International Journal of Evaluation and Research in Education. 4(2), 62-70.

Leasa, M., Corebima, A. D., Ibrohim, & Suwono, H. (2015). Emotional intelligence among auditory, reading, and kinesthetic learning styles of elementary school students in Ambon-Indonesia. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 83-91.

Melekoglu, M. A. & Wilkerson, K. L. (2013). Motivation to Read: How Does It Change for Struggling Readers with and Without Disabilities. International Journal of Instruction, 6(1), 78-88.

Muslimin, Tahir, M., & Patekkai, I . (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIS Sinoutu Melalui Metode Struktural Anlitik Sintesis (SAS). Jurnal Kreatif Tadulako, 2(1), 155-167.

Rosida, Rosida, et al. (2017) "Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa." Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, vol. 5, no. 1, 35-45

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Produktif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-03-26