PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA TANEAN LANJHANG TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI-NUMERASI SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20091Keywords:
Model PJBL, Etnomatematika Tanean Lanjhang, Literasi NunerasiAbstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa dan kurangnya inovasi yang digunakan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PJBL berbasis etnomatematika tanean lanjhang terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa yang rendah. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 27 siswa dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis hasil observasi, angket, dan wawancara.Teknik analisis inferensial digunakan untuk menganalisis hasil tes kemampuan literasi-numerasi dengan menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dengan teknik Shapiro Wilk, yang kemudian diuji dengan uji-t paired sample t test untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengguanaan model pembelajaran PJBL berbasis etnomatematika tanean lanjhang terhadap kemampuan literasi-numerasi siswa kelas IV.Downloads
References
Andriono, Rohim. 2021. “Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4(2). doi: 10.24176/anargya.v4i2.6370.
Arief.SA, Kamal, Risna Mira Bella Saragih, and Yenni Novita Harahap. 2024. “Pengaruh Penggunan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika (Lkpd) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi - Numerasi.” Numeracy 11(1):30–42. doi: 10.46244/numeracy.v11i1.2587.
Aufa, A. N. Z. S., Jannah, B. R., & Atiqa, Z. N. 2024. “Implementasi Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Inovasi Dan Keaktifan Siswa Pada Kurikulum Merdeka.” Indonesian Journal Of Education 1(1):11–16.
Dwidayati, Nurkaromah. 2018. “Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1:516–21.
Faridah, Nadia Risya, Eka Nur Afifah, and Siti Lailiyah. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6(1):709–16. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2030.
Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mahmud, Muhammad Rifqi, and Inne Marthyane Pratiwi. 2019. “Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur.” KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):69–88. doi: 10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88.
Martyanti, Adhetia and, and Suhartini. 2018. “Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika.” Indomath 1(1):35–41.
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi. UIN-Maliki Press, Malang: UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. 2022. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. 27th ed. Bandung: Alfabeta.
Ulum, Bakhrul. 2018. “Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 4(2):686. doi: 10.26740/jrpd.v4n2.p686-696.
Winangun, I. Made Ari. 2021. “Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19 I Made Ari Winangun.” EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):11–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.