KELAYAKAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN ENGKLEK PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20645Keywords:
ensiklopedia, etnomatematika, engklek, bangun datarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa ensiklopedia berbasis etnomatematika permainan engklek pada materi bangun datar yang dinyatakan valid oleh berbagai ahli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, serta angket yang diberikan kepada validator ahli bahan ajar, validator ahli materi, validator ahli bahasa, validator ahli desain pembelajaran, guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta angket kebutuhan siswa dan data kuantitatif yang dikumpulkan peneliti berupa angket hasil validasi ensiklopedia. Subjek dari penelitan ini yaitu guru dan siswa kelas V UPTD SDN Kraton 5 Bangkalan.Downloads
References
Buku:
Akbar, R. M. (2022). Flashcard Sebagai Media Pembelajaran dan Peneitian. Sukabumi: CV. Haura Utama.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Wiku, E. (2018). Cakram Matemawiku: Inovasi Cerdas Matematika Dasar (A. Prasetyo (Ed.)). Indocamp.
Artikel in Press:
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman KonsepPendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun 9 Matematika Pada Siswa. ResearchGate, 5(May), 0–7.
Jurnal:
Aqsa, M. D., Nurhaswinda, N., & Hidayat, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika dalam Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Tanjung Sawit. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNALON TEACHER, 2(2), 9–16.
Mulyasari, D. W., Abdussakir., & Rosikhoh, Dewi. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1-14.
Rahmawati, Y. Z., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi
Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 124–136.
Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalampembelajaran Matematika Di Kelas. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER, 2(1), 8–24.
Zahroya, I. U., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Tematik Pada Kelas III Di SDN Patean II. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). h.3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.