PENGEMBANGAN TES PILIHAN GANDA BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MENGGUNAKAN APLIKASI PLICKERS MATERI PENYAJIAN DATA

Authors

  • Firdaini Aulia PGSD FKIP Universitas Pakuan
  • Ratih Purnamasari PGSD FKIP Universitas Pakuan
  • Rukmini Handayani PGSD FKIP Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20090

Keywords:

: Question Quality, Numeracy, Minimum Competency Assessment (AKM)., AKM, literacy, numeracy

Abstract

Peserta didik masih belum terbiasa dengan adanya proses pembelajaran berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) menggunakan aplikasi. Diperlukan sebuah aplikasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan tes pilihan ganda berbasis asesmen kompetensi minimum menggunakan aplikasi Plickers. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Menganalisis kebutuhan media evaluasi berbasis AKM yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil AKM. Selanjutnya, merancang konsep instrument beserta produk pada tiap butir soal. Dilanjutkan dengan mengembangkan produk yang telah dirancang kepada ahli media, bahasa, dan materi di bidang evaluasi. Melakukan implementasi kepada kelas V-A SDN Tlajung Udik 01 dan mengevaluasi hasil respon peserta didik terhadap produk yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan tes ini memperoleh 80% dari ahli media, 100% dari ahli bahasa, 89,4% dari ahli materi bidang evaluasi, dan 87% dari respon peserta didik. Adapun hasil uji instrument didapatkan bahwa dari 40 butir soal diperoleh 80% valid, 0,951 reliabel, soal dengan kategori mudah 21,9%, soal dengan kategori sedang 79%, dan 100% daya beda soal dikategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tes pilihan ganda berbasis asesmen kompetensi minimum menggunakan aplikasi Plickers sangat layak untuk digunakan dalam materi penyajian data. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Plickers, Penyajian Data

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chou, P. N. (2022). Using Plickers to support Student Learning in Rural Schools: a comprehensive analysis. SAGE Open, 12(3), 21582440221116109.

Setiyani, M. S., & Sumbawati, M. S. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Media Plickers untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill dan Hasil Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(02).

Situmorang, J. S. M., & Mediatati, N. (2023). Efektivitas Plickers Sebagai Media Evaluasi PPKn Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa SMK Negeri 2 Salatiga. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 441-453.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Chng, L., & Gurvitch, R. (2018). Using Plickers as an assessment tool in health and physical education settings. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 89(2), 19-25.

Jihad, M., Nggawu, L., & Miliha, L. (2023). Students’ Perception of Using “Plickers” Application to Assess Students’ Tenses. Journal of Teaching of English, 8(2), 83–93. https://doi.org/10.36709/jte.v8i2.256

Yunita, D., Kusyadi, I., Eka Tassia, S., & Pamulang, U. (2021). Penggunaan aplikasi Plickers untuk data penilaian formatif di SMA Islam Assa’adah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 95–100. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Febriana, Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. 1-37.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-21