THE ROLE OF THE MERDEKA CURRICULUM IN IMPROVING THE QUALITY OF ISLAMIC LEARNING IN SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20009Keywords:
Merdeka Curriculum, Quality of Islamic Learning, Islamic EducationAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia, sehingga dalam beberapa dekade terakhir ini penelitian tentang Kurikulum Merdeka menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan, dimana objek kajian yang relevan diperoleh melalui data kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui berbagai informasi kepustakaan, seperti buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi, dimana data yang diperoleh diidentifikasi berdasarkan objektivitas dan sistematika, selanjutnya peneliti membuat kesimpulan dari data yang telah diidentifikasi. Peneliti melakukan analisis isi untuk memaparkan data dan menyimpulkan hasil analisis data yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) konsep dasar Kurikulum Merdeka mengandung banyak makna yang mendalam; 2) rasionalisasi penerapan Kurikulum Merdeka tidak dapat dilepaskan dari sejarah tragedi besar Covid-19 sehingga kurikulum ini dirancang untuk memulihkan mutu pendidikan di Indonesia; 3) Kurikulum Merdeka berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran Islam di sekolah, meskipun peran yang diberikan oleh Kurikulum Merdeka belum memberikan dampak yang maksimal, namun Kurikulum Merdeka memberikan perannya secara perlahan dan berkesinambungan.Downloads
References
Abidin, M. K., & Achadi, M. W. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu di Kabupaten Jombang. Jurnal Paramurobi, 6(2), 151–163.
Amaly, A. M., Herdiana, Y., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2023). The Necessity and Reality of Islamic Religious Education in Schools. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 23(1), 1–19. https://doi.org/10.22373/jiif.v23i1.13190
Amaruddin, H., Dardiri, A., Efianingrum, A., Hung, R., & Purwanta, E. (2024). Novel Totto-Chan by Tetsuko Kuroyanagi: A Study of Philosophy of Progressivism and Humanism and Relevance to the Merdeka Curriculum in Indonesia. Open Education Studies, 6(20240006), 1–15. https://doi.org/10.1515/edu-2024-0006
Daulay, S., & Dalimunthe, R. A. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.70
Dirgantoro, K. P. S., & Soesanto, R. H. (2023). Towards a Paradigm Shift: Analysis of Student Teachers’ and Teacher Education Institutions’ Readiness on Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 185–201. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4271
Hadi, S. (1987). Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Halil, N. I., Arafah, B., Saputra, I. G. P. E., Hasyim, R. S., Sarmadan, Takwa, & Karma, R. (2024). Preservation of Tolaki Mekongga Language Through Merdeka Curriculum-Based Local Subject Teaching Modules. Journal of Language Teaching and Research, 15(3), 960–971. https://doi.org/10.17507/jltr.1503.30
Halim, A., Iskandar, Ansari, A., & Halim, N. M. (2024). A Study on How the Merdeka Curriculum Promotes Multilingualism in Indonesian ELT Classrooms. XLinguae, 17(2), 107–121. https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.02.07
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara.
Hariyanto, Priawasana, E., Halil, M., Ansori, M., Wahid, A., & Suharto. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 81–102. https://doi.org/10.29240/jpd.v8i1.9067
Ibad, T. N., Oktori, A. R., Wahidah, F., & Prasetyo, S. (2023). Kurikulum dan Pendidikan: Kajian Konseptual Pembelajaran Science di Madrasah Ibtidaiyah Indonesia dan Sekolah Dasar Negara Maju. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 163–185. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.8674
Jasiah, Mazrur, Hartati, Z., Rahman, A., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Fahmi. (2024). Islamic Teachers Implementation of the Merdeka Curriculum in Senior High Schools: A Systematic Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(4), 394–408. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.4.21 Received
Latipah, E., Hasan, N., & Rokhimawan, M. A. (2023). Curriculum Reconstruction: Alignment of Profile, Body of Knowledge, and Learning Outcomes of the Indonesian Islamic Education Study Program. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–19. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.7756
M, A., & Panggabean, W. T. (2024). Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3114–3122. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12855
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163(1), 145–151. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.026
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219–232. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. In Direktorat Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Nursalam, Sulaeman, & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 134–142. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70394
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (1st ed.). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Purnomo, A. R., Yulianto, B., Mahdiannur, M. A., & Subekti, H. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23
Qolbiyah, A. (2022). Integrasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48.
RI, K. P. dan K. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Rifa’i, A., Asih, N. E. K., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013.
Rusilowati, A., Hidayah, I., Nugrahani, R., Abidin, Z., Hutagalung, F. D., Sofchah, T., & Ariyanti, S. W. (2024). Child-Friendly School and Its Relationship with the Merdeka Curriculum in Forming the Students Character Through Science Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 137–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.44482
Samsudi, Supraptono, E., Utanto, Y., Rohman, S., & Djafar, T. (2024). Unraveling The Merdeka Curriculum: Exploring Differentiated Instruction’s Impact On Student Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 12(2), 517–538. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v12i2.1131
Sanjaya, J. B., & Rastini, R. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. JIL: Journal of Indonesian Law, 1(2), 161–174. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174
Santoso, A., Suklani, & Affandi, A. (2024). Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Peningkatan Akhlak Siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Islam Diponegoro Losari Brebes. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 645–656.
Setiawati, A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), 30–37. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1155
Suyadi, Asmorojati, A. W., Yudhana, A., Nuryana, Z., & Siraj, S. B. (2022). COVID-19 Ambassadors : Recognizing Kampus Mengajar at the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Programe Humanitarian Projects in the Tertiary Education Curriculum. Frontiers in Education, 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.902343
Teknologi, K. P. K. R. dan. (2024). Kurikulum Merdeka: Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Retrieved June 23, 2024, from Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/#mp-preview-t
Umar, Ockta, Y., & Mardesia, P. (2023). A Correlational Study: Pedagogical and Professional Competence of Physical Education Teachers in Relation to the Implementation of the Merdeka Curriculum. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3325–3331. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12380
Usanto, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 494–502. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v5i2.142
Wardani, H. K., Sujarwo, Rakhmawati, Y., & Cahyandaru, P. (2023). Analysis of the Impact of the Merdeka Curriculum Policy on Stakeholders At Primary School. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801
Wardani, N. E., Suwandi, S., & Ulya, C. (2023). Feasibility Assessment of Merdeka Curriculum in Bahasa Indonesia Digital Textbooks for Class VII Junior High Schools. Theory and Practice in Language Studies, 13(12), 3268–3278. https://doi.org/10.17507/tpls.1312.25
Warsidah, Satyahadewi, N., Amir, A., Linda, R., & Ashari, A. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233–246. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519
Wasehudin, Rohman, A., Wajdi, M. B. N., & Marwan. (2023). Transforming Islamic Education Through Merdeka Curriculum in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 255–266. https://doi.org/10.15575/jpi.v9i2.28918
Wong, M., Soon, J. A., Zed, P. J., & Norman, W. V. (2014). Development of a Survey to Assess the Acceptability of an Innovative Contraception Practice among Rural Pharmacists. Pharmacy, 2(1), 124–136. https://doi.org/10.3390/pharmacy2010124
Yasir, S., Hamidah, & Anggia, P. D. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP IT Ad-Durrah Medan. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.189
Yoto, Marsono, Suyetno, A., Mawangi, P. A. N., Romadin, A., & Paryono. (2024). The Role of Industry to Unlock the Potential of the Merdeka Curriculum for Vocational School. Cogent Education, 11(1), 1–25. https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2335820
Zami, M. R. Z., & Hafizh, M. (2023). Urgensi Modernisasi Sistem Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(02), 171–182. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9439
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.