PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yusuf Rendi Wibowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fatonah Salfadilah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11991

Keywords:

peran guru PAI, karakter religius, sekolah dasar

Abstract

Artikel jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SD Negeri 1 Way Mili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI melaksanakan peran mereka sebagai pendidik, pembimbing, penasehat, dan teladan dengan berbagai cara yang sesuai dengan kompetensi, motivasi, dan komitmen mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa karakter religius siswa yang terbentuk melalui peran guru PAI adalah keimanan, ketaqwaan, dan akhlak Islami. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa adalah faktor internal dan eksternal guru PAI. Artikel ini merekomendasikan agar guru PAI terus meningkatkan kompetensi, motivasi, dan komitmen mereka dalam membentuk karakter religius siswa, serta mendapatkan dukungan dan fasilitas yang lebih baik dari sekolah, orang tua, dan masyarakat. Keywords: PAI Teacher Role, religious character, elementary school  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, A., Prananosa, A. G., Handayani, P., & Fauzi, I. (2022). Perubahan Globalisasi Teknologi Industri Menjadi Tantangan Guru PAI di Masa 4.0. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 277–281.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.

Bahja, A. W. T., Mas’ ud, A., Azizah, K., & Amin, N. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI di Sekolah. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 74–93.

Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2427

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661–1674.

Gusnia, M. (2022). Peran Guru PAI Sebagai Pembimbing DiMadrasah Tsanawiyah Jami’atul Islamiyah Sungai Nibung Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu (PhD Thesis, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan). STAI Auliaurrasyidin Tembilahan, Riau. Retrieved from https://repository.stai-tbh.ac.id/handle/123456789/289

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–141.

Haddar, G. A., Kusumawati, I., Hairunisa, Sa’adah, U., Siahaan, T. M., Efendi, R., … Hakim, A. R. (2023). METODOLOGI PENELITIAN DALAM PENDIDIKAN. Padang: Get Press Indonesia.

Haniyyah, Z. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86.

Hilmi, F., & Habiby, W. N. (2023). Strategi Menanamkan Karakter Religius Dan Kejujuran Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 983–996.

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.

Khoiriah, K., Ismail, M., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SMP Negeri 22 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1448–1455.

Kurniati, J. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 2 Parigi. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 297–304.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Bandung: Nusamedia.

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: SAGE.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179.

Nur’aeni, E. (2022). Peran Guru Aqidah Dalam Meningkatkan Self Control Remaja (Study Kasus di MTs Al Khairiyah Kalodran Serang). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4509–4520.

Redhizma, A. G. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik di MTS At-Tholibin Lampung Utara (PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung, Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/22107/

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 273–288.

Ritonga, A. M., Syahfitri, A., Siregar, L., & Lesmana, G. (2023). Peran Orang Tua dalam Mendukung Bimbingan Belajar Anak. Sublim: Jurnal Pendidikan, 2(2), 124–134.

Rukmiyati, R., Dannur, M., & Fajriyah, F. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Self-Control Siswa Kelas VIII SMPI At-Tablighiyah Desa Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar, Pamekasan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 66–90.

Sinaga, D. Y. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 95–106.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, S., Hasan, F., Aula, D., & Damayanti, D. (2021). Kompetensi Guru PAI Alumni Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe di Sekolah dan Madrasah di Kabupaten Aceh Utara. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 273–288.

Downloads

Published

2024-03-19