OPTIMALISASI PERAN IBU DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI ERA DIGITAL BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM
Keywords:
Pendidikan karakter islam, peran ibu, teknologi digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran ibu dalam pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mengikuti teknik Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran ibu dalam membangun pendidikan karakter anak berbasis nilai-nilai Islam di era digital sangatlah penting. Pemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi edukasi Islami, video pembelajaran interaktif, dan platform digital lainnya terbukti efektif dalam membantu anak memahami ajaran agama, terutama jika penggunaannya dilakukan secara bijak. Strategi seperti pendampingan aktif oleh ibu, pembatasan waktu penggunaan gawai, dan diskusi tentang nilai-nilai Islami setelah mengakses konten digital dapat memperkuat pembelajaran karakter Islami anak. Selain itu, integrasi antara teknologi digital dengan kegiatan langsung, seperti shalat berjamaah, membaca Al-Qur'an, dan berdiskusi, menjadi pendekatan yang optimal untuk membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan era digital.Downloads
References
Aeni, A. N. (2019). Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Lutfatulatifah, & JR Maranatha (Ed.), Rekonstruksi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Dasar: Menjawab Tantangan Dan Tren Masa Datang, 136–157.
Ahmad, S. M., Nurhayati, S., & Kartika, P. (2024). Literasi Digital Pada Anak Usia Dini: Urgensi Peran Orang Tua dalam Menyikapi Interaksi Anak dengan Teknologi Digital. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 47–65.
Aldayani, F., Juneva, A., Herlina, H., Matasik, M., & Jeni, R. (2024). Analisis Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Kristen Bagi Generasi Alpha. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 393–406.
Aliah, F., & Irawan, D. (2024). Strategi Pendidikan Islam Kontekstual Dalam Menyongsong Era Disrupsi Digital. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 1–12.
Aulia, S., Tarwiah, S., & Azky, S. N. (2023). Pentingnya Peran Ayah dan Ibu untuk Mendukung Perkembangan Anak Dalam Pembelajaran Dirumah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1.
Aziz, M. R., & others. (n.d.). Konsep Pembentukan Karakter Perspektif Albert Bandura (Studi Analisis dan implikasi Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Digital). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.
Bahri, S. (2022). Konsep pendidikan karakter anak dalam keluarga di era pasca pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 425–435.
Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).
Fatma, N., Najib, M., Rahmanita, B. N., Husaini, F., & Santosa, S. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran IPA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1288–1298.
Gussevi, S., & Muhfi, N. A. (2021). Tantangan mendidik generasi milenial muslim di era revolusi industri 4.0. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(01), 46–57.
Hartono, H. (2018). Pendidikan karakter dalam al Qur’an pada kalangan remaja di era digital. Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Hadist, 1(2), 178–199.
Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.
Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360.
Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4).
Kholifah, A. (2022). Strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.
Lesasunanda, R. A., & Malik, A. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1904–1915.
Lubis, M. S. A., & Harahap, H. S. (2021). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 6–13.
Mahdi, M., Zulfikar, T., & Shadiqin, S. I. (2024). Aktualisasi Teori-Teori Pembelajaran Dalam Pola Asuh Di Era Digital. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 15(1), 25–40.
Mawardi, I., Arissanti, T. W., Magfiroh, A., Zuliyana, R., Audina, U. B., & Astutik, F. A. (2021). Pendampingan Belajar Di Rumah Berbasis Karakter Dengan Nilai-Nilai Religius Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 132–139.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). A methods sourcebook. In Qualitative data analysis. Sage Thousand Oaks.
Munir, M., Najib, M., Putri, A. I., Ningrum, E. C., & Salfadilah, F. (2023). Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Metro Lampung. NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 9(2), 102–117.
Octaviana, E., & Asih, S. W. (2022). Analisis Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Darul Aman Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 53–62.
Pertiwi, S. (2014). Pola pengasuhan untuk mengembangkan karakter anak (Studi kasus di Yayasan Tunas Rajawali Kota Semarang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1).
Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih, M. D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104–112.
Rahmanita, B. N., Nisa, A. K., Najib, M., Sarita, M. R., & Prastowo, A. (2024). Implementasi Penguatan Karakter (PPK) Dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1).
Ratnaningsih, A., Ramadhani, A. P., Afanti, L., Nugroho, A. W., & Pamungkas, T. Y. (2024). Sosialisasi Bahaya Game Online terhadap Anak di Kelurahan Lugosobo Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1456–1465.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.
Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308.
Saifullah, A., & Hanif, M. (2024). Metode Pembiasaan Dan Keteladanan Untuk Mendidik Karakter Siswa Di Smp It Mutiara Ilmu Sokaraja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8361–8371.
Samho, B. (2024). Pola pengasuhan yang relevan untuk pengembangan karakter anak pada era teknologi digital dan globalisasi. Academy of Education Journal, 15(1), 860–873.
Saragih, A. A. (2022). Peran orang tua terhadap kemandirian anak pada saat pembelajaran daring. Jurnal basicedu, 6(2), 2352–2360.
Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1–11.
Sitika, A. J., Zanianti, M. R., Putri, M. N., Raihan, M., Aini, H., Nur’Aini, I., & Sobari, K. W. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 6(1), 5899–5909.
Sugitanata, A. (2024). Membumikan Fikih Flexi-Parenting Sebagai Suatu Pendekatan dalam Pengasuhan Anak di Era Modern. At-Ta’awun: Jurnal Mu’amalah dan Hukum Islam, 3(1), 20–49.
Widiastuti, R. Y., & Yuliati, N. (2023). Analisis Kesiapan Mental Anak Usia Dini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5564–5574.
Yuniarni, D., Satwika, P. A., & Solichah, N. (2024). Pengembangan Buku Saku: Pendampingan Orang Tua untuk Optimalisasi Perkembangan NAM Anak Usia Dini di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 295–303.
Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26.
Zubaedi, Z., Utomo, P., & Heriadi, M. (2019). Efektivitas penggunaan media sosial sebagai bimbingan pribadisosial dan pengaruhnya terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan pada masyarakat. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 10(2), 129–146.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.